Sukses

Operator Seluler Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Jabotabek

XL Axiata dan Indosat Ooredoo adalah dua di antara operator yang membagikan bantuan untuk korban banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana banjir yang melanda sebagian wilayah di Jabodetabek membuat berbagai pihak, termasuk operator seluler, bahu membahu memberi bantuan untuk para korban.

XL Axiata dan Indosat Ooredoo adalah dua di antara operator yang membagikan bantuan untuk korban banjir.

Dalam keterangan resmi yang diterima Minggu (5/1/2020), XL Axiata menyebut telah menyalurkan bantuan ke sejumlah titik banjir di Jabodetabek.

Bantuan itu berupa barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti makanan dan minuman siap saji. Penyerahan bantuan dilakukan di lokasi banjir di Kebon Pala, Jatinegara, Jaktim, Kamis lalu.

Region Group Head XL Axiata Jabodetabek Francky Rinaldo Pakpahan menyebut, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian XL untuk masyarakat, khususnya yang terdampak banjir di Jabodetabek.

"Kami ikut prihatin atas musibah yang terjadi dan berharap bantuan yang kami berikan dapat sedikit meringankan beban para korban," kata Francky.

XL juga berharap bencana banjir segera berakhir dan situasi segera membaik. Selain bantuan di atas, XL Axiata juga mendirikan Posko Banjir yang dilengkapi fasilitas Telepon Umum Gratis (TUG) dan stasiun pengisian daya telepon seluler di area sekitar lokasi banjir.

XL Axiata juga memberikan sejumlah kartu perdana internet untuk relawan dan fasilitas akses internet bagi warga terdampak. Bantuan juga diberikan di wilayah lain yang mengalami banjir seperti Bekasi, Tangerang, Lebak, dan Banten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indosat Ooredoo

Hal yang sama juga dilakukan Indosat Ooredoo untuk meringankan beban masyarakat masyarakat terdampak banjir di Jakarta dan Banten.

Salah satu yang dilakukan Indosat adalah mendirikan posko bantuan. Posko pertama didirikan di depan kantor Kecamatan Pancoran, Jl. Pengadegan Timur II 2, RW.1, Pengadegan, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Posko serupa juga didirikan di kecamatan Sajira, Cipanas, Cilada dan kampung Banjar Parigi, propinsi Banten.

Di Posko-posko tersebut, Indosat menyediakan bantuan utama pengobatan gratis dan fasilitas komunikasi gratis bagi masyarakat.

Pengobatan gratis diberikan dengan menurunkan Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang menyediakan layanan pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan bagi anak-anak dan juga trauma healing/psiko sosial bagi anak-anak.

Tak hanya itu, Indosat memberikan kebutuhan darurat hygiene kit seperti peralatan mandi dan kebersihan keluarga. Posko juga menyediakan makanan siap santap tiga kali sehari dan dapur air.

Indosat Ooredoo juga menyediakan paket komunikasi gratis berupa kartu SIM card IM3 Freedom Internet 2GB dengan paket pulsa dan paket data dengan kuota 24 jam yang bisa digunakan untuk menelpon, SMS dan komunikasi data di lokasi mana saja.

Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo Hendri Mulya Syam mengatakan, Indosat sudah sejak hari pertama turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi dan mempersiapkan bantuan.

"Kami berharap apa yang kami lakukan dapat meringankan beban masyarakat, membantu mereka melewati situasi tanggap darurat sekaligus masa pemulihan paska bencana,” kata Hendri.

3 dari 3 halaman

Update Jaringan XL Pasca Banjir

Terkait peristiwa banjir ini, secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya aliran listrik di area-area banjir di Jakarta.

Saat ini tim XL Axiata di lapangan terus berupaya untuk melakukan penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan BTS yang terdampak bisa tetap beroperasi normal.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini