9 Miliar Pesan WhatsApp Terkirim saat Pergantian Tahun di Indonesia

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Jan 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 12:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
WhatsApp. telegraph.co.uk

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan rekor baru di perjalanannya sebagai aplikasi olah pesan.

Aplikasi milik Facebook ini mencatat lebih dari 100 miliar pesan pribadi dikirimkan oleh pengguna di seluruh dunia dalam 24 jam terakhir pada tahun 2019.

WhatsApp dalam pernyataannya menyebut, lebih dari 100 miliar pesan yang terkirim pada 31 Desember 2019 merupakan angka pengiriman pesan tertinggi dalam satu hari dibanding hari-hari lain selama sepuluh tahun terakhir.

"Di Indonesia, lebih dari sembilan miliar pesan dikirim dan diterima pada 31 Desember 2019," kata WhatsApp dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (4/1/2019).

Tidak hanya itu, pada detik-detik pergantian tahun, ada lebih dari 12 miliar pesan gambar yang terkirim di seluruh dunia dari total 100 miliar pesan yang dikirim.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tekankan Enkripsi

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Perusahaan menekankan, fitur keamanan enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya orang yang mengirim dan dikirimi pesan yang bisa membaca pesan yang sudah dikirim.

Pihak di luar itu, termasuk WhatsApp, tidak bisa mengakses pesan-pesan pribadi itu.

Meski begitu, WhatsApp sadar bahwa tingginya jumlah pesan yang terkirim pada 31 Desember terkait dengan pesan ucapan 'Selamat Tahun Baru'.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

WhatsApp Setop Berhenti di Smartphone Lawas

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Terlepas dari banyaknya jumlah pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp pada akhir 2019, 

WhatsApp bakal menghentikan dukungan di sejumlah Android dan iOS versi lawas.

Dipastikan oleh pihak WhatsApp, layanan chatting ini akan berhenti beroperasi di Android dan iOS lawas mulai 1 Februari 2020.

Dilansir laman Daily Mail, Rabu (1/1/2020), smartphone Android yang tidak akan lagi bisa memakai WhatsApp per 1 Februari 2020 adalah Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas dari pada itu.

Android 2.3.7 sendiri dinamakan Gingerbread dan dirilis pada 2010. Menurut Google, kini sistem operasi ini hanya berjalan di sekitar 0,3 persen perangkat Android yang masih aktif.

Selain Android 2.3.7 dan versi yang lebih lawas, ada versi iOS juga yang tidak akan lagi bisa mengakses WhatsApp, yakni iOS 12 atau yang lebih lawas.

Menurut Apple, hanya 7 persen perangkat iPhone yang menjalankan iOS 12 atau yang lebih lawas dari itu. iOS 12 ini dirilis pada 2018.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya