Trafik Internet XL Axiata saat Natal dan Tahun Baru Naik Signifikan

Oleh Agustinus Mario Damar pada 04 Jan 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 15:15 WIB
XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mencatat performa jaringan yang baik selama masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Selain itu, trafik data pada akhir tahun juga meningkat signifikan.

Berdasarkan catatan, kenaikan trafik ini mencapai 14 persen dibandingkan pada hari normal. Kenaikan ini juga lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun layanan data berbasis gim menjadi pilihan favorit pelanggan dengan persentase 25 persen. Sementara aplikasi pesan instan dan menjelajah web menyusul di belakangnya, dengan persentase 16 persen dan 12 persen.

“Bagi kami, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti," tutur Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangan resmi yang diterima.

I Gede mengatakan dengan kondisi jaringan yang aman, secara otomatis, pelanggan akan lebih nyaman dan trafik akan naik.

"Semua ini hasil dari upaya kami secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia," tuturnya.

Oleh karena itu, sesuai prediksi XL Axiata, area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15 persen.

Sementara rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9 persen dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21 persen. Lalu saat malam Tahun Baru, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14 persen dan tertinggi 77 persen.

2 dari 2 halaman

Wilayah yang Mengalami Kenaikan Trafik Internet

BTS XL Axiata
BTS 4G LTE milik XL Axiata di Kota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Untuk tiga area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi antara 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kabupaten Malang (26 persen), Kabupaten Cianjur (26 persen), dan Kabupaten Banyuwangi (25 persen).

Saat Natal, kenaikan juga terjadi di wilayah dengan yang banyak dihuni komunitas Nasrani, seperti Medan dan sekitarnya (10 persen), Manado (18 persen), dan Kupang (25 persen).

Penurunan sendiri terjadi di area Jabodetabek yang banyak ditinggalkan warganya selama liburan ini. Operator yang identik dengan warna biru ini mencatat penurunan sekitar 5 persen dibanding biasanya.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru ini, pelanggan XL Axiata juga diketahui aktif menggunakan layanan data selama di luar negari. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan trafik roaming sebeser 20 persen dibandingkan hari biasa.

Lokasi wisata popular turut mengalami lonjakan trafik, seperti Pantai Carita sebesar 200 persen, GWK Bali 150 persen, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80 persen.

Tempat wisata lain yang juga mengalami peningkatan adalah Labuhan Bajo (10 persen), Ciater di Jawa Barat (235 persen), Pantai Indrayanti di Yogyakarta (360 persen), serta Jatim Park 2 di Malang (115 persen).

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah YouTube mengalami lonjakan trafik hingga 80 persen dibandingkan hari biasa. Selanjutnya, ada WhatsApp (30 persen), Mobile Legends (26 persen), dan Instagram (10 persen).

Untuk memastikan jaringan aman, XL Axiata mengaku telah meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 BTS yang mencakup area atau wilayah dengan prediksi akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan Tahun Baru.

Semua situs itu termasuk berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan libur, termasuk di sekitar lokasi wisata. Sebagai tambahan, ada sekitar 30 mobile BTS yang tersebar di Sumatra, Jakarta, Bandung, hingga jalur tol Trans Jawa.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓