Sukses

Xiaomi, Oppo, dan Vivo Kolaborasi Bikin Fitur Berbagi File

Vendor-vendor smartphone asal Tiongkok, yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo bekerja sama membuat sebuah layanan berbagi file yang bisa dipakai di ketiga smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor-vendor smartphone asal Tiongkok, yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo bekerja sama membuat sebuah layanan berbagi file yang bisa dipakai di ketiga merek smartphone di atas.

Layanan peer-to-peer protocol ini memiliki kemampuan mengirim file dengan kecepatan hingga 20Mb per detik.

Alih-alih koneksi internet, layanan file sharing ini tampaknya memanfaatkan Bluetooth untuk saling terhubung, kemudian memakai WiFi untuk mengirimkan file.

Mengutip laman Android Police, Jumat (3/1/2020), meskipun kolaborasi dilakukan tiga perusahaan di atas, merek smartphone lainnya masih bisa jadi pengguna dan ikut dalam kolaborasi.

Namun kini, layanan berbagi file baru tersedia di perangkat tertentu milik Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Bawaan

Alih-alih jadi aplikasi yang terpisah, pengalaman transfer ini hadir menjadi fitur pada masing-masing antarmuka milik si vendor smartphone.

Misalnya, smartphone Xiaomi yang menjalankan MIUI 11 (Android 9 atau lebih baru) sudah memiliki akses ke fitur ini melalui Mi Share.

Sementara, smartphone milik Oppo yang sudah bisa memakai layanan ini adalah Reno2, Reno 10x Zoom, dan F11 Pro pada versi percobaan ColorOS7 yang bisa diakses lewat Oppo Share.

Pihak Vivo mengumumkan, fitur berbagi file lintas merek ini akan diluncurkan pada produk-produk baru mulai Februari 2020. Namun, tidak disebutkan smartphone Vivo apa yang bisa memakainya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.