Sukses

Begini Cara Cek Titik Banjir Hari Ini Pakai Google Maps

Pengguna gadget dapat mengetahui dimana saja titik banjir hari ini dan jalan mana yang masih ditutup menggunakan aplikasi Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah titik lokasi di Jakarta dan sekitarnya tengah dilanda banjir karena curah hujan yang tinggi semenjak sore jelang pergantian tahun hingga 1 Januari 2020.

Walau banjir di beberapa wilayah Jabodetabek berangsur surut, masih ada area yang tergenang air. Karena itu, sejumlah ruas jalan dan transportasi KRL hingga Transjakarta pun terganggu pengoperasiannya.

Bagi yang ingin mencari informasi jalan mana saja yang bisa dilewati atau masih ditutup, kamu dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang sudah terpasang di perangkat mobile.

Saat aplikasi dibuka, tampak tab yang bertuliskan "Jakarta Flood" atau "Banjir di Jakarta" di bagian bawah layar. Klik untuk mendapatkan informasi tambahan tentang banjir di Jakarta dan sekitarnya.

Cek titik banjir hari ini memakai Google Maps. (Doc: Google)

Tak hanya itu, pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (2/1/2020), pengguna juga dapat mengirimkan laporan tentang area atau jalan mana saja yang masih ditutup, dan membagikan informasi banjir hari ini di Google Maps ke teman-teman yang membutuhkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur yang Masih Ditutup karena Banjir Jakarta

Ilustrasi Google Maps. (Doc: Daily Genius)

Pada laman utama Google Maps, kamu dapat melihat jalan mana saja yang ditutup atau tidak bisa dilalui dengan bantuan ikon forbidden (dilarang masuk) dan warning (peringatan).

Kamu dapat mengklik ikon tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan, tentang jumlah pengguna yang melaporkan jalan tersebut tidak bisa diakses dan waktu terakhir informasi di dalam aplikasi update.

Berdasarkan informasi yang terpampang di dalam aplikasi, informasi jalan di Google Maps yang masih ditutup karena banjir terakhir kali di update pada 2 Januari 10.08 WIB.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini