Sony Punya Paten Desain Stik Baru, Siap untuk PS5?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 31 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 19:13 WIB
Sony PlayStation

Liputan6.com, Jakarta - Sony diketahui telah mendapat persetujuan untuk paten kontroler PlayStation terbaru. Informasi ini diketahui dari data yang ada di World Intellectual Property Organization (WIPO).

Dikutip dari Polygon, Selasa (31/12/2019), desain kontroler ini mirip dengan DualShock 4 yang digunakan di PlayStation 4. Hal itu dapat dilihat dari posisi tombol depan, directional pad, termasuk analog sticks.

Salah satu perbedaan, setidaknya dari desain yang didaftarkan adalah absennya tombol PlayStation yang ada di bagian depan. Perubahan lain yang juga terlihat berada di bagian belakang.

Dalam desain paten yang didaftarkan, bagian belakang kontroler ini memiliki dua tombol tambahan. Kehadiran keduanya diprediksi dapat disetel dengan fungsi tombol di bagian depan.

Dengan kata lain, tombol belakang ini dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Namun, belum dapat dipastikan apakah kontroler ini akan digunakan di PS5, meskipun konsol anyar itu akan rilis tahun depan.

Pertimbangannya, dari informasi yang ada saat ini, kontroler PS5 disebut-sebut memiliki port Type-C. Sementara dalam gambar paten yang didaftarkan, kontroler ini memiliki port micro-USB.

2 dari 3 halaman

Sony Rilis Tombol Belakang Tambahan untuk Stik PS4

Sony
Button Attachment, aksesoris ini merupakan tombol tambahan untuk DualShock. (sumber: Sony)

Sebelumnya, Sony baru saja meluncurkan aksesoris baru yang ditujukan khusus untuk kontroler DualShock 4. Diberi nama Button Attachment, aksesoris ini merupakan tombol tambahan untuk DualShock.

Dikutip dari Polygon, Jumat (20/12/2019), aksesoris ini dibanderol dengan harga USD 29,99 (Rp 419 ribu). Rencananya, Sony akan menjual aksesoris ini mulai 23 Januari 2020.

Aksesoris ini memiliki tiga tombol, dua tombol berfungsi untuk menggantikan fungsi tombol di stik bagian depan. Sementara satu bagian adalah layar OLED untuk membantu pengguna memprogram fungsi dua tombol lain.

Nantinya, aksesoris ini akan disambungkan dengan port bawah joystik dan menempel di bagian belakang. Secara garis besar, aksesoris besutan Sony ini digunakan untuk membantu pemain menekan tombol depan, tapi dijangkau dari belakang.

Oleh sebab itu, Button Attachment ini dapat membantu pemain yang sedang cedera atau ingin meningkatkan waktu responsnya. Bagian bawah aksesoris ini juga dilengkapi dengan headphone jack.

Selain Sony, Xbox juga pernah mengembangkan kontroler yang dapat dimodifikasi fungsinya seperti ini. Ketika itu, Xbox merilis aksesoris yang diberi nama Xbox Elite. 

3 dari 3 halaman

Sony Tepis Kabar Tanggal Peluncuran dan Harga PlayStation 5

Logo PlayStation
Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Terlepas dari informasi tersebut, baru-baru ini Sony juga membantah informasi mengenai kabar perilisan PS5. Sebab, sebelumnya Gamers Gatesblog asal Jepang itu sempat menyebarkan informasi hoaks tentang tanggal rilis dan harga PS5.

Blog Jepang tersebut mengklaim, PS5 akan diluncurkan pada 4 Desember 2020 dan dijual seharga USD 600 atau sekitar Rp 8,4 jutaan.

Tak hanya itu, mereka juga menyebutkan Sony akan menjual konsol PS5 versi Pro dengan harga fantastis, yakni USD 1000 atau setara dengan Rp 14 jutaan.

Melihat kabar ini menyebar cepat di internet, Sony pun langsung mengonfirmasi informasi terkait tanggal dan harga PS5 tersebut.

Dilansir Famitsu, Rabu (18/12/2019), Sony menyebut informasi tanggal rilis dan harga PS5 yang disebar oleh Gamers Gate adalah hoaks.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Handson Galaxy S20 di San Francisco, Warna Pink-nya Manis!