3 Fitur WhatsApp yang Bakal Hadir di 2020

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 31 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 07:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
WhatsApp. telegraph.co.uk

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp terus menghadirkan berbagai fitur untuk membuat 2 miliar pengguna aktifnya di dunia makin betah.

Sepanjang 2019, aplikasi chatting milik Facebook ini merilis sejumlah fitur penting. Misalnya forward pesan maksimal 5 kali, kemampuan picture in picture, audio picker, berbagi WhatsApp Status ke Facebook Story, fingerprint lock, hingga setting privasi grup.

Lantas, fitur apalagi yang bakal dihadirkan oleh WhatsApp pada 2020 mendatang, berikut adalah bocorannya sebagaimana dikutip dari The Sun, Selasa (31/12/2019).

1. Dark Mode

Dark mode atau mode gelap di WhatApp disebut-sebut akan jadi salah satu fitur yang segera hadir untuk seluruh pengguna. Saat ini, hanya pengguna yang memakai WhatsApp Beta yang telah menguji coba fitur dark mode ini baik di iOS atau Android.

Sekadar informasi, dark mode sendiri dimaksudkan untuk mengurangi kesilauan pada mata pengguna. Terutama mereka yang terlalu sering melihat ke layar smartphone.

Dark Mode pada WhatsApp (Foto: The Sun)

Tak hanya itu, kehadiran dark mode juga dipercaya bakal mengurangi tingkat konsumsi baterai di smartphone.

WABetaInfo menyebut, pengguna akan memiliki opsi untuk menautkan dark mode WhatsApp dengan mode penghemat baterai di smartphone.

Nantinya, dalam dark mode, WhatsApp memiliki layar belakang hitam dengan teks putih. Sementara saat ini adalah kebalikannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pencari Gambar

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Fitur lain yang juga diprediksi akan hadir pada WhatsApp di tahun 2020 adalah Pencari Gambar atau Image Search.

Kehadiran fitur ini didasari masalah pemalsuan gambar yang membuat para pengguna tertipu atau jadi korban hoaks.

Menurut kabar, fitur Search by Image ini masih dalam tahap pengujian. Kemungkinan hanya pengguna versi Beta yang bisa mengaksesnya.

Image Search pada WhatsApp (Foto: The Sun)

Namun, nantinya fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengklik gambar yang dikirim lewat WhatsApp dan mencarinya di sumber Google untuk memverifikasi sumber aslinya.

Fitur ini menggunakan kemampuan Google Custom Search untuk pencarian gambar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Self Destructing Message

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

WhatsApp juga mengembangkan sebuah fitur yang ditujukan untuk meningkatkan privasi pengguna, yakni self destructing message atau hapus pesan otomatis.

Self destructing message memungkinkan pesan secara otomatis terhapus atau hilang sendiri sesaat setelah dibaca oleh penerima.

Fitur ini sudah ada di Telegram dan kini menurut bocoran dari WABetaInfo, WhatsApp bakal menghadirkannya. Pihak WhatsApp telah menguji coba kemampuan hapus pesan otomatis kepada sejumlah pengguna.

Fitur Delete Messages pada WhatsApp (Foto: The Sun)

Menurut bocoran, fitur ini akan dinamai Dissapearing Messages. Namun, kabar terbaru menyebut, fitur ini diganti namanya menjadi Delete Messages.

Pengirim pesan bisa memilih, apakah pesan yang dikirimkan akan hilang dalam waktu satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, atau satu tahun setelah dibaca.

WABetaInfo menyebut, fitur ini akan tersedia baik dalam percakapan individu maupun grup.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓