5 Smartphone Gahar untuk Gaming di 2019

Oleh Agustinus Mario Damar pada 29 Des 2019, 17:09 WIB
Diperbarui 30 Des 2019, 16:14 WIB
Asus ROG Phone II

Liputan6.com, Jakarta - 2019 tak dimungkiri menjadi tahun penting bagi kehadiran smartphone gim di Indonesia.

Alasannya, Asus dan Black Shark yang memang memiliki lini smartphone khusus bermain gim resmi hadir untuk pasar Tanah Air.

Namun selain dua pemain tersebut, ada pula beberapa vendor yang merilis smartphone tidak dengan embel-embel khusus gaming, tapi sudah mumpuni untuk digeber dengan gim kelas wahid macam PUBG Mobile atau Asphalt 9: Legends.

Meskipun patut diingat, smartphone khusus gaming biasanya turut dibekali sejumlah fitur, termasuk aksesoris untuk mendukung pengalaman bermain yang lebih optimal.

Nah untuk itu, Tekno Liputan6.com menghadirkan smartphone anyar rilisan 2019 yang memang hadir sebagai perangkat gaming maupun yang memiliki kualifikasi untuk memainkan gim kelas wahid tanpa masalah.

Sebagai tambahan, deretan smartphone ini memang meluncur di tahun ini, tapi dengan spesifikasi yang diusung, pengguna dapat memakainya hingga tiga atau empat tahun. Karenanya, daftar ini dapat pula menjadi referensi bagi kamu yang tertarik memilikinya di 2020.

1. Asus ROG Phone 2

Smartphone ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal Desember 2019. Berbekal nama Asus ROG, smartphone ini dapat dikatakan memiliki jaminan untuk menawarkan pengalaman gaming yang memuaskan.

Hal itu dapat dilihat dari spesifikasi yang dimiliknya. ROG Phone 2 dibekali Snapdragon 855+ dengan pilihan RAM hingga 12GB dan memori internal 1TB.

Sebagai penopang performanya, Asus turut menyertakan baterai 6.000mAh dengan dukungan fast charging hingga 30W. Sebagai gaming smartphone, perangkat ini dilengkapi empat lapis sistem pendingin.

Layar ROG Phone 2 memiliki refresh rate 120Hz, sehingga membuat pengalaman bermain gim lebih menyenangkan. Asus ROG Phone 2 memiliki dua kamera belakang dengan resolusi 48MP dan 13MP. Sementara kamera depannya beresolusi 24MP.

Daya jual lain dari ROG Phone 2 adalah deretan aksesoris yang ditawarkan Asus. Perusahaan asal Taiwan turut memboyong deretan aksesoris, seperti Aero Case, Aero Active Cooler II, hingga ROG Suitcase.

2 dari 5 halaman

2. Black Shark 2

Black Shark 2 Pro
Tampak depan Black Shark 2 Pro. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kehadiran Black Shark 2 dan Black Shark 2 Pro di Indonesia diumumkan pada Oktober 2019. Ada beberapa versi Black Shark 2 yang dirilis, yakni Black Shark 2 dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Satu lagi adalah Black Shark 2 Pro dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB. Gaming smartphone ini sudah menggunakan chipset serupa yang Asus tanam ke dalam ROG Phone 2, yaitu Qualcomm Snapdragon 855+.

Black Shark 2 Pro secara resmi juga menjadi smartphone kedua menggunakan chipset khusus yang sudah di-overclock kecepatannya. Sebagai pendukung performanya, smartphone ini dibekali teknologi Liquid Cool 3.0+ dan DC Dimming 2.0.

Smartphone ini memiliki bentang layar 6,39 inci. Black Shark 2 memiliki kombinasi dual kamera belakang 48MP+12MP, dan kamera selfie 20MP.

3 dari 5 halaman

3. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Samsung Galaxy Note 10 memang tidak hadir sebagai perangkat khusus gaming, tapi spesifikasi smartphone ini memenuhi syarat yang dibutuhkan perangkat gaming. Mulai dari chipset kelas wahid, layar apik, dan RAM besar.

Meski tidak hadir dengan embel-embel gaming, Samsung sebenarnya juga mengakomodasi pengguna Galaxy Note 10 yang juga seorang gamer. Sebab, ada fitur Game Launcher yang dapat menyetel performa termasuk notifikasi saat pengguna bermain gim.

Memiliki layar berukuran 6,8 inci, smartphone ini ditopang chipset Exynos 9825 dipadu RAM 12GB dengan dua opsi memori internal, 256GB dan 512GB.

Baterai Galaxy Note 10 Plus memiliki kapasitas 4.300mAh dengan fitur fast charging 45W. Smartphone ini hadir dengan empat kamera belakang yang beresolusi 16MP (ultra wide), 12MP (wide-angle), 12MP (telephoto), dan depth vision camera.

4 dari 5 halaman

4. Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro
Bocoran bentuk Huawei P30 Pro. (Doc: DigitalTrends)

Flagship smartphone Huawei ini juga dapat dikatakan sudah mendukung kemampuan bermain gim yang optimal. Bagaimana tidak, perangkat ini dibekali Kirin 980 7nm dengan RAM 8GB yang dipadukan tiga opsi memori, 128GB, 256GB, dan 512GB.

P30 Pro memiliki baterai 4.200mAh dan sudah memiliki sertifikasi IP68. Smartphone ini memiliki layar curved OLED dengan bentang layar 6,47 inci.

Mirip dengan Samsung, Huawei juga menyertakan fitur khusus untuk membuat pengalaman bermain lebih optimal. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur performa hingga notifikasi yang masuk saat bermain.

Smartphone ini memiliki sensor utama wide-angle 40MP, ultra-wide 20MP, telephoto 5X 8MP dan lensa Time of Flight depth-sensing dengan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom.

Lensa utama dan telephoto kamera ini memiliki OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu mengurangi motion blur dan meningkatkan kualitas low light.

5 dari 5 halaman

5. Realme X2 Pro

Realme X2 Pro
Realme X2 Pro tampilan depan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

X2 Pro merupakan flagship smartphone pertama Realme untuk Indonesia. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi tinggi, seperti Snapdragon 855+, RAM 12GB, dan memori internal 256GB.

Berbekal kemampuan itu, smartphone ini mampu melibas gim mobile kelas atas. Keunggulan lain dari Realme X2 Pro adalah layar berteknologi 90Hz yang menawarkan pemakaian lebih cepat dan mulus.

Kelebihan lain dari Realme X2 Pro ada pada fitur pengisian daya cepat berjenis SuperVOOC Flash Charge 50 watt yang mampu mengisi daya penuh 4.500mAh dalam waktu 35 menit.

Perangkat ini memiliki empat kamera, dengan sensor utama 64MP dengan aperture f1.8. Selain itu, lensa lain memiliki sudut lebar 115 derajat yang juga bisa untuk menjepret makro, dengan sensor 8MP dan aperture f2.2.

Sensor lainnya adalah 13MP aperture f2.5 yang memiliki kemampuan zoom 20x dan 5x hybrid optical zoom. Terakhir, ada lensa depth untuk menciptakan portrait atau efek bokeh dengan sensor 2MP.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓