Sukses

Yuk, Jajal 3 Aplikasi Edit Foto Kece Ini

Performa smartphone yang semakin ngebut dimanfaatkan dengan baik oleh para pengembang aplikasi fotografi.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan smartphone, berbagai aplikasi turut hadir membuat penggunaannya semakin menyenangkan. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone, yaitu untuk mengedit foto.

Performa smartphone yang semakin meningkat dimanfaatkan dengan baik oleh para pengembang aplikasifotografi.

Pengguna tidak hanya bisa mengambil gambar dengan kualitas tinggi melalui smartphone, tapi juga bisa mengeditnya langsung tanpa harus memindahkan ke komputer.

Saat ini ada banyak aplikasi pengeditan foto di Play Store dan App Store, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Nah, berikut tiga aplikasi bagus untuk mengedit foto di perangkat Android dan iOS, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (30/12/2019).

1. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom digunakan oleh banyak pengguna smartphone, termasuk kalangan profesional. Berkat antarmuka yang sederhana dan fitur sinkronisasi yang bagus, tidak perlu untuk menjadi seorang profesional untuk mengelola atau mengedit foto di Lightroom CC.

Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Adobe Lightroom CC merupakan editor foto lengkap, yang di antaranya dilengkapi dukungan foto RAW, presets, penyesuaian exposure, dan watermak.

Lightroom CC juga dilengkapi dengan fitur built-in camera, sehingga pengguna bisa mengambil gambar langsung dari aplikasi tersebut.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan digunakan, tapi jika ingin mendapatkan kemampuan untuk menghubungkan foto Anda di berbagai perangkat, maka gunakan fitur premium.

Pengguna harus mengeluarkan biaya untuk paket Photography Creative Cloud USD 10 per bulan. Biaya ini sekaligus memberikan akses ke Photoshop dan Lightroom Classic di desktop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Photoshop Express

Tak ada yang meragukan kualitas Adobe Photoshop dalam hal pengeditan foto. Adobe beberapa waktu lalu merillis versi Express dari layanannya tersebut.

Aplikasi ini memang tidak sehebat versi desktop, tapi masih bisa diandalkan dengan berbagai fiturnya termasuk crop atau memotong foto, menyesuaikan exposure, dan melakukan berbagai tugas lain.

Pengguna juga bisa membuat preset-nya sendiri, sehingga bisa menghemat waktu saat mengedit foto di ponsel atau tablet. Photoshop Express juga memiliki fitur healing seperti Lightroom, blur, dan template kolase.

Aplikasi gratis ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

3 dari 3 halaman

3. VSCO

Aplikasi foto terbaik lain yang bisa diunduh secara gratis adalah VSCO. Ini adalah aplikasi pengeditan foto yang dirancang berdasarkan gagasan untuk membuat foto dari smartphone mirip seperti film.

Selain dilengkapi serangkaian filter, VSCO juga memungkinkan pengguna membeli paket preset.

VSCO juga memiliki komunitas yang mencakup seniman dan fotografer, baik dari kalangan profesional atau yang masih amatir. Mereka saling membagikan hasil karyanya seperti di Instagram.

Selamat mencoba!

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.