Ini 5 Tim Esports Paling Tajir di Dunia

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 27 Des 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 12:00 WIB
Turnamen Mobile Esports Cup 2019 di Mangga Dua
Perbesar
Penggiat game memadati lantai dasar Mangga Dua Mall di Jakarta, Minggu (17/3). Ratusan gamers ambil bagian dalam kompetisi game Mobile Legends dan PUBG Mobile bertajuk NXL Mobile Esports Cup 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Esports kini tidak lagi jadi sebuah hobi belaka. Pasalnya, olahraga bermain gim online ini bisa memberi penghasilan yang sangat besar bagi mereka yang berprestasi.

Seperti olahraga, esports juga bisa dimainkan bersama tim. Bahkan, ada sejumlah tim yang kini sudah jadi jagoan, memenangkan sejumlah kompetisi, dan mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang tidak sedikit. Siapa saja mereka?

Berikut adalah 5 tim esports yang paling tajir di dunia, sebagaimana dikutip dari Esports Observer, Jumat (27/12/2019).

5. Paris Saint-Germain-LGD: Rp 47,3 Miliar

Paris Saint-Germain-LGD merupakan tim esports profesional untuk gim Dota 2. Tim ini dibentuk atas kemitraan antara klub sepakbola Prancis Paris Saint-Germain dan organisasi esports Tiongkok LGD Gaming pada April 2018.

Tim esports ini pernah membawa pulang hadiah senilai USD 3,4 juta (Rp 47,3 miliar) dari sejumlah kompetisi pada tahun 2019.

2 dari 5 halaman

4. Tim Lazarus: Rp 59 Miliar

Ilustrasi eSports
Perbesar
Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Lazarus memiliki berbagai keahlian dalam gim. Keenam pemain di tim ini mengikuti kejuaraan Fortnite World Cup sehingga memiliki enam kesempatan untuk memenangkan permainan.

Dari situ, dua pemainnya mendapatkan posisi kedua dan ke-17. Lazarus mendapatkan hadiah uang tunai senilai USD 2,35 juta.

Kemudian, babak kualifikasi dalam turnamen Fortnite lainnya, Lazarus memenangkan hadiah senilai USD 1,3 juta. Total, tim ini mendapatkan USD 4.22 juta (setara Rp 59 miliar).

Tim Lazarus juga mengikuti kompetisi Counter Strike:Global Offensive (CS-GO), Hearthstone, PUBG, dan lain-lain.

"Pada 2020, kami akan terus mengembangkan dan mengikuti berbagai kompetisi untuk menambah portofolio di dunia esports," kata CEO Lazarus Esports, Charlie Watson.

3 dari 5 halaman

3. NRG Esports: Rp 73,4 Miliar

Dota 2
Perbesar
Dota 2. (Doc: EsportsOnly)

Tim NRG melesat ke posisi ketiga sebagai tim esports paling tajir di dunia. Total, tim ini mendapatkan uang dari kemenangannya di berbagai kompetisi dengan total nilai USD 5,28 juta atau setara Rp 73,8 miliar.

Tim ini memainkan berbagai gim untuk dalam kompetisinya, yakni Fortnite, CS:GO, Dota 2, Apex Legend, Call of Duty, dan sejumlah gim lainnya.

"2019 merupakan tahun yang sangat kompetitif bagi tim NRG. Semua tim kami memenangkan berbagai kejuataan dan mengklaim jadi dua kali juara dunia," kata CEO NRG, Any Miller.

4 dari 5 halaman

2. Team Liquid: Rp 131 Miliar

Fortnite Battle Royale, semakin populer setelah muncul versi android dan iOS
Perbesar
Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.

Team Liquid memiliki salah satu portofolio berbagai kemenangan di bidang gim online. Mereka mendapatkan kemenangan dari berbagai kompetisi, antara lain untuk Dota 2, CS:GO, League of Legends, dan Fortnite.

Total, Team Liquid mendapatkan uang tunai sebesar USD 9,4 juta atau setara Rp 131 miliar pada 2019.

Angka ini dikumpulkan dari berbagai perlombaan yang diikuti, misalnya tim Dota 2 mendapatkan USD 5,08 juta, tim CS:GO mendapatkan USD 2,31 juta, dan tim League of Legend mendapatkan USD 455 ribu.

5 dari 5 halaman

1. Tim OG: Rp 221,5 Miliar

Fortnite
Perbesar
Fortnite World Cup Finals 2019. (Doc: Dexerto)

Tim esports terkaya nomor satu di dunia adalah tim OG. Total kekayaannya adalah USD 15,84 juta atau setara Rp 221,5 miliar.

Tim ini menjadi juara untuk kompetisi Dota 2 International 2019 dengan hadiah senilai USD 15,81 juta.

Tak hanya itu, kekayaan tim ini juga didukung dengan kemenangan mereka atas kompetisi Smash Bros yang berhadiah USD 900 ribu.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓