Sukses

5 Smartphone Terbaik Tahun 2019 Versi Liputan6.com

Vendor smartphone menghadirkan berbagai inovasi baik dari segi kemampuan kamera, desain, hingga ke performa yang kian ditingkatkan untuk membuat persaingan kian memanas.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2019, dunia teknologi diwarnai dengan produk-produk smartphone terbaru dari berbagai perusahaan teknologi.

Vendor smartphone menghadirkan berbagai inovasi baik dari segi kemampuan kamera, desain, hingga performa yang kian ditingkatkan untuk membuat persaingan kian memanas.

Sejak adopsi kamera di smartphone, vendor juga berlomba-lomba menghadirkan kemampuan terbaik pada kamera produknya.

Ada sejumlah vendor yang meningkatkan kemampuan kameranya hingga 64MP, ada yang punya lensa sudut lebar, ada kamera yang dibekali dengan teknologi time of flight, sampai ke dukungan stabilisisasi untuk perekaman video.

Sementara itu, dari sisi desain, vendor bertaruh menghadirkan desain layar nyaris tanpa bezel dengan berbagai inovasi seperti lubang di layar, notch, dan kamera pop-up.

Lantas dari semua smartphone yang dirilis oleh vendor, smartphone apa yang terbaik versi Liputan6.com? Berikut adalah lima di antaranya.

1. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Samsung Galaxy Note 10 Plus menjadi salah satu smartphone terbaik tahun ini dengan inovasi desain yang dihadirkannya.

Samsung menggunakan desain lubang di layar untuk menempatkan kamera selfie. Hal lain yang juga jadi sorotan adalah kemampuan perangkat yang bisa menjadi komputer dengan software Samsung Dex untuk mendukung pekerjaan.

Kehadiran pena digital S Pen yang ditingkatkan juga jadi kelebihan tersendiri di smartphone ini. Pasalnya, tidak ada smartphone lain di pasaran yang kini menggunakan pena digital.

Galaxy Note 10 juga memiliki kemampuan kamera yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya juga kehadiran fitur perekaman video super steady.

Kemampuan ini membuat pengguna lebih mudah membuat konten, mengedit dari smartphone, dan langsung mempublikasikan ke media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro juga sudah hadir di Indonesia. Berbagai aspek pada smartphone tersebut layak membuatnya menyandang predikat sebagai salah satu smartphone terbaik tahun ini.

Pada iPhone 11 Pro yang dirilis tahun ini, Apple menghadirkan tiga lensa utama. Selain dua lensa wide angle dan ultra wide angle untuk memotret lanskap dan wide-shot, iPhone 11 Pro dibekali satu lensa telephoto.

Kinerjanya ditopang dengan chipset A13 bionic yang diklaim merupakan chipset paling bertenaga di pasaran, saat ini.

3 dari 5 halaman

3. Huawei P30 Pro

Huawei merilis Mate 30 Pro pada tahun ini, tetapi minimnya dukungan layanan Google membuat Huawei Mate 30 Pro gagal jadi smartphone terbaik di tahun ini.

Namun, Huawei punya smartphone lain yang tidak kalah baiknya baik dari segi performa dan kamera yakni Huawei P30 Pro.

Perangkat ini dibekali prosesor Kirin 980, dukungan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Hasil review Tekno Liputan6.com terhadap Huawei P30 Pro menunjukkan perangkat ini berjalan dengan lancar meski dalam pemakaian multitasking.

Misalnya, ketika perangkat dipakai untuk membuka sepuluh aplikasi bersamaan, browsing lebih dari dua puluh tab aktif, main gim berat, hingga nonton video streaming.

Kemampuan kamera P30 Pro juga patut diacungi jempol. Masih dengan lensa yang dirancang oleh Leica, Huawei P30 Pro hadir dengan tiga kamera dengan salah satu sensor 40MP, ultra wide angle 20MP, kamera telephoto 8MP, dan superzoom.

Kamera Huawei P30 Pro juga dibekali sensor Time of Flight yang membuat hasil foto lebih baik.

4 dari 5 halaman

4. Realme X2 Pro

Realme belum lama ini merilis flagship smartphone pertamanya di Indonesia yakni Realme X2 Pro.

Ketimbang flagship smartphone lainnya, perangkat ini hadir dengan harga jauh lebih rendah tetapi tak mengorbankan kemampuan dan performanya.

Dari sisi performa, perangkat ini dibekali dengan prosesor paling tinggi saat ini yakni Snapdragon 855+. Perangkat ini mengusung layar Super AMOLED 6,5 inci 90Hz yang membuat pengalaman smooth dan cepat.

Dari segi keamanan, perangkat ini dibekali pemindai sidik jari yang bisa membuka kunci Realme X2 Pro dalam 0,23 detik.

Kelebihan lain dari Realme X2 Pro ada pada fitur pengisian daya cepat berjenis SuperVOOC Flash Charge 50 watt yang mampu mengisi daya penuh 4.500mAh dalam waktu 35 menit.

Perangkat ini hadir dengan empat kamera, dengan sensor utama 64MP dengan aperture f1.8. Selain itu, Realme X2 Pro juga memiliki kamera sudut lebar 115 derajat yang juga bisa untuk menjepret makro dengan sensor 8MP dan aperture f2.2.

Sensor lainnya adalah 13MP aperture f2.5 yang memiliki kemampuan zoom 20x dan 5x hybrid optical zoom. Satu kamera lainnya adalah lensa depth untuk menciptakan portrait atau efek bokeh dengan sensor 2MP.

5 dari 5 halaman

5. Oppo Reno2

Oppo Reno2 jadi salah satu smartphone terbaik versi kami pasalnya smartphone ini memiliki performa yang baik dengan prosesor Snapdragon 730G, RAM 8GB, memori internal 256GB.

Beralih ke sektor kamera belakang, Reno2 memiliki empat lensa yang masing-masing beresolusi 8MP (wide-angle), 48MP (lensa utama), 13MP (telephoto), dan 2MP (sensor monokrom).

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP. Oppo masih menggunakan kamera depan pop-up yang sekilas mirip dengan sirip hiu di perangkat ini.

Di kisaran harga Rp 7 jutaan, Oppo Reno2 menyasar pengguna di segmen kelas menengah ke atas, bersaing dengan beberapa merek dan model lainnya.

Bicara keamanan, menurut pengalaman Tekno Liputan6.com, sensor mampu membaca sidik jari pengguna dengan cepat selama dia menempatkan sidik jarinya pada posisi yang tepat. Untuk memudahkan pengguna dalam menempatkan sidik jarinya, tersedia tampilan visual sensor di layar.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini