Telkomsel CloudX Tawarkan Layanan Komunikasi Terintegrasi Cloud untuk Perusahaan

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 23 Des 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi CloudX
Perbesar
Ilustrasi CloudX

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menawarkan solusi Virtual Private Automatic Branch Exchange (PABX), akses jaringan komunikasi telepon secara internal dan eksternal untuk optimalisasi operasional korporasi yang terintegrasi ke layanan komputasi awan (cloud computing).

"Solusi komunikasi lengkap dan mudah dioperasikan dapat mendukung perusahaan dalam menjalankan operasional lebih fleksibel, sehingga karyawan pun semakin dipermudah dalam menuntaskan tugasnya secara mobile, khususnya di era digital seperti sekarang," ujar Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dalam keterangannya.

Oleh sebab itu, lanjut Dharma, melalui produk ini Telkomsel berupaya untuk "menjawab kebutuhan perusahaan terhadap jaringan komunikasi terintegrasi yang tidak memerlukan investasi besar dan tetap memiliki fitur yang kaya dan pengamanan data terdepan."

Layanan ini menyasar segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM. Selain Virtual PABX, CloudX juga menyediakan fitur lain seperti Hosted Contact Center dan Unified Communication untuk mengoptimalkan komunikasi perusahaan yang dapat menghubungkan seluruh karyawan sekaligus terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.

Integrasi cloud diklaim dapat meningkatkan efisiensi dari aspek biaya dan operasional ketimbang menggunakan infrastruktur on-premises.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan produktivitas karyawan

Telkomsel juga meyakini CloudX dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan meningkatkan kolaborasi antarkaryawan karena layanan ini dapat diakses dari berbagai macam medium, mulai dari deskphone, perangkat mobile, hingga laptop.

Selain itu, melalui konfigurasi terpadu dalam satu sistem dashboard terintegrasi, pelanggan korporasi juga dapat memantau seluruh pengguna secara mudah. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk lebih fleksibel dalam melakukan perluasan implementasi CloudX ke berbagai lokasi operasional perusahaan yang tidak perlu membangun infrastruktur jaringan baru.

"Telkomsel Enterprise juga memastikan layanan CloudX memiliki sistem pengamanan data yang terjamin, sehingga akan menghadirkan rasa aman bagi penggunanya. Untuk itu, Telkomsel Enetrprise telah berkolaborasi dengan mitra terkemuka dan berpengalaman yakni Metaswitch Network, sebuah perusahaan penyedia software dan infrastruktur telekomunikasi terkemuka asal Inggris," kata Dharma.

Kehadiran CloudX diharapkan akan dapat mendukung akselerasi penerapan teknologi digital untuk kegiatan operasional para pelanggan korporasi, instansi pemerintahan, hingga pelaku bisnis UMKM guna menghadapi tantangan transformasi digital.

(Why/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓