Akses Layanan Data Telkomsel Diprediksi Naik 51 Persen saat Natal dan Tahun Baru

Oleh Andina Librianty pada 20 Des 2019, 16:58 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 16:58 WIB
BTS Telkomsel pertama di Indonesia
Perbesar
BTS Telkomsel pertama di Indonesia. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memperkirakan akses layanan data pada periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Naru) akan terjadi peningkatan, seirimg semakin kuatnya adopsi gaya hidup digital oleh masyarakat.

Akses layanan data Telkomsel diprediksi akan naik 51 persen dibandingkan periode satu tahun sebelumnya.

"Kalau dari 31 Desember tahun lalu itu, naiknya 51 persen (akses layanan data), kalau dari hari normal naiknya sekira 26 persen. Namun, kalau suara dan SMS tidak banyak bergerak karena orang-orang sekarang lebih banyak akses data," tutur GM Network Operation Center Management Telkomsel, Ahmad Wahyudi, dalam acara konferensi pers drive test 4G di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia.

Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan 82 unit compact mobile base station (COMBAT), atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Penguatan jaringan tersebut diklaim mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.

Menurut Wahyudi, peningkatan trafik data selama periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan sama besarnya dengan Ramadan dan Idulfitri.

Hal ini disebabkan jumlah pengguna data yang mengalami peningkatan, dan harga paket data yang semakin kompetitif menjadi pendorong pertumbuhan akses layanan data.

"Peningkatan akses layanan data ini jika dianalisis mudah sekali. Pertama karena jumlah pengguna data naik, lalu harganya juga lebih kompetitif tahun ini, serta semakin banyak tempat instagramable juga turut menjadi faktor pendorong," jelas Wahyudi.

 

2 dari 3 halaman

Persiapan Lain Naru Telkomsel

Telkomsel
Perbesar
VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R Chalik, saat di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019). (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Wahyudi mengungkapkan akan ada 13 titik lokasi yang diprediksi sebagai Super POI, atau dengan massa yang sangat ramai selama periode Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Lokasi-lokasi tersebut termasuk Benteng Kuto Besak Palembang, Jam Gadang Bukit Tinggi, Ancol, Malioboro, Kuta Bali, dan Lapangan Merdeka Ambon.

"Di 13 super crowd ini, kami akan amankan semua titiknya. Ini rekomendasi dari region kami," katanya.

Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Posko Siaga

Lebaran, Telkomsel Siapkan Posko di Jalur Mudik
Perbesar
Posko Siaga Telkomsel

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksi akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar, seperti titik transit transportasi yaitu bandara, pelabuhan, terminal dan stasiun. Selain itu juga tempat wisata, pasar modern dan tradisional, sekitar tempat beribadah, serta rest area.

Telkomsel juga melakukan pengembangan, dan penguatan elemen jaringan terbaru untuk Naru, yakni dengan memastikan kesiapan infratruktur jaringan 4G di sepanjang akses jalur tol Jakarta Cikampek II Elevated yang sudah beroperasi resmi pada pertengahan Desember 2019 ini.

Secara khusus, Telkomsel membangun tambahan 67 unit BTS 4G di sepanjang jalur tol yang berjarak 36,4 km tersebut, dan melakukan penambahan kapasitas di 99 BTS 4G.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓