Kaleidoskop Tekno 2019: Teknologi Mengerikan hingga Aplikasi Jahat di Android

Oleh Iskandar pada 23 Des 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 18:13 WIB
Drone intai Militer AS, RQ-4 Global Hawk. Iran mengklaim menembak jatuh drone tipe ini pada Kamis 20 Juni 2019 (Bobbi Zapka / USAF)

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya berita seputar politik, sosial, ekonomi, dan gaya hidup, peristiwa dan momen di ranah teknlogi juga tak kalah menyita perhatian publik.

Salah satu berita yang banyak diburu pembaca adalah tentang bagaimana melacak smartphone Android yang hilang melalui internet, dari berita Februari 2019.

Informasi menarik lainnya datang dari cara melacak keberadaan ponsel Android dari Google Maps. Berita ini bahkan dibaca oleh jutaan pembaca Tekno Liputan6.com.

Juda ada berita tentang bahaya pemakaian VPN saat ingin mengakses WhatsApp, serta informasi mengenai cara mengaktifkan WhatsApp tanpa memakai nomor ponsel pribadi. Kedua berita tersebut terpopuler sepanjang Mei 2019.

Ada pula berita dari aplikasi-aplikasi jahat di Android yang bisa mencuri uang. Bahayanya, aplikasi tersebut bakal hilang ketika pengguna menginstal, tanpa ada ikon di app drawer.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak artikel kaleidoskop di kanal Tekno Liputan6.com untuk menengok kembali beberapa peristiwa dan informasi menarik yang terjadi sepanjang 2019, berikut ini. 

2 dari 13 halaman

Januari

Ilustrasi Robot
Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Peran manusia perlahan mulai digantikan oleh teknologi. Apalagi semenjak Perang Dunia I, semua negara berlomba-lomba menciptakan berbagai inovasi teknologi, sehingga pada Perang Dunia II peranan alat militer canggih menjadi lebih besar daripada tentara manusia.

Namun, perkembangan teknologi yang bermanfaat untuk manusia ini juga membawa dampak negatif, bahkan dampaknya bisa berbahaya seperti bencana.

Baca selengkapnya di sini 

3 dari 13 halaman

Februari

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Kamu yang pernah mengalami kehilangan barang pasti akan mencari barang tersebut. Apalagi jika barang tersebut adalah sebuah gadget atau hp.

Kehilangan hp terkadang membuat sedih dan khawatir karena banyak data-data penting yang berada di hp kamu.

Namun tahukah kamu kalau sebenarnya ada cara untuk melacak hpmu yang hilang itu? Sebagai kamu pengguna android, artikel ini akan memberi tahu kamu cara melacak hp Android yang hilang lewat internet.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 13 halaman

Maret

Ilustrasi asteroid Bennu
Ilustrasi asteroid Bennu (NASA)

Asteroid kuno bernama Bennu, ternyata dinilai berpotensi bahaya bagi Bumi. Pasalnya, asteroid tersebut bisa saja menabrak Bumi jika terus berputar.

Dilansir Mirror pada Selasa (19/3/2019), asteroid berukuran 510 meter ini berputar dalam kecepatan 63.000 mil per jam.

Namun, ilmuwan NASA yang bekerja dalam misi OSIRIS-REx, mengklaim kalau kecepatan rotasi asteroid tersebut meningkat sebanyak 1 detik setiap abad. Ini artinya, periode rotasi asteroid menjadi lebih pendek 1 detik setiap 100 tahun.

Baca selengkapnya di sini

5 dari 13 halaman

April

Demi Konten, Selebgram Ini Rela Pura-Pura Hidup Super Mewah
Byron Denton (boredpanda.com)

Seolah tak ingin ketinggalan tren, seorang remaja London berusia 19 tahun mencoba mengunggah foto-foto 'mewah' dirinya di Instagram. Pria tersebut tak lain adalah vlogger bernama Byron Denton.

Kepada Daily Mail, Denton ingin bereksperimen mengenai mudahnya membuat pesona bak orang kaya dan mendapat respons likes dari banyak orang.

Cuma bermodalkan aplikasi penyuntingan foto, Denton membuat dirinya seolah-olah telah menjadi orang kaya.

Baca selengkapnya di sini 

6 dari 13 halaman

Mei

Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum
Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar pengguna media sosial (medsos) tidak mengakses aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial melalui VPN (virtual private network).

Hal ini diinformasikan Rudiantara setelah banyaknya pengguna internet Indonesia yang mengakali akses medsos dan WhatsApp menggunakan VPN, pasca dibatasinya akses terhadap medsos di Indonesia per Rabu 22 Mei 2019.

Baca selengkapnya di sini 

7 dari 13 halaman

Juni

SBMPTN 2019
SBMPTN 2019 resmi dibuka hari ini, Senin (10/6/2019) dengan berbagai pilihan kampus dan program studi. (www.sbmptn.ac.id)

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan dibuka hari ini, 10 Juni 2019 pukul 13.00 WIB.

SBMPTN ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN dan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dengan rentang waktu pendaftaran yang cukup lama, yaitu 10 Juni hingga 24 Juni 2019, calon peserta bisa mempersiapkan administrasi lebih baik.

Baca selengkapnya di sini

8 dari 13 halaman

Juli

PS4
PS4

Sony baru saja mengumumkan pencapaian yang sudah diperoleh dari PlayStation 4 (PS4). Perusahaan mengatakan dalam penutupan kuartal ini, mereka sudah berhasil menjual 3,2 juta unit PS4.

Dengan kata lain, hingga akhir 2019, secara keseluruhan perusahaan sudah menjual 100 juta unit PS4. Dikutip dari GSM Arena, Rabu (31/7/2019), capaian ini membuat PS4 menjadi konsol gim tercepat yang berhasil mencapai predikat tersebut.

Perlu diketahui, PS4 membutuhkan waktu sekitar 5 tahun 7 bulan untuk menyentuh angka 100 juta unit. Menurut analis senior di Niko Partners, Daniel Ahmad, capaian tersebut mengungguli PS2 dan Nintendo Wii.

Baca selengkapnya di sini

9 dari 13 halaman

Agustus

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Selain digunakan untuk mengirim pesan teks, WhatsApp juga bisa mentransfer dokumen, foto, dan bahkan video.

Aplikasi ini pun bisa digunakan untuk berbagi aktivitas sehari-hari melalui Status, fitur mirip Stories pada Instagram.

Di luar dari itu semua, berikut beberapa trik rahasia WhatsApp yang mungkin belum kamu ketahui, sebagaimana dikutip dari laman Pocket-lint, Selasa (20/8/2019).

Baca selengkapnya di sini 

10 dari 13 halaman

September

Dirancang Bebas, Google Akui Android Tidak Aman
Head of Android Google Sundar Pichai mengatakan jika ia berada di bisnis menciptakan malware, ia kemungkinan akan menargetkan Android juga.

Malware rupanya juga bisa menggunakan platform pesan premium untuk mengirim pesan yang membuat pengguna bisa dicas sejumlah bayaran.

Aplikasi-aplikasi jahat ini bakal hilang ketika pengguna menginstal, tanpa ada ikon di app drawer. Jika pengguna memilih untuk menghapus aplikasi jahat ini, masalahnya bakal lebih rumit.

Ada 15 aplikasi yang telah diunduh jutaan kali dengan memanfaatkan celah di fleeceware. Ke-15 aplikasi ini bisa mendapatkan sejumlah uang dari pengguna dengan upaya yang sangat minimal.

Baca selengkapnya di sini

11 dari 13 halaman

Oktober

Cara kunci WhatsApp
Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Saat kamu sedang chatting di WhatsApp, akan ada status ‘Typing’ saat lawan bicara kamu sedang mengetik untuk membalas pesan. Bagi beberapa orang, mereka kurang nyaman dengan adanya status tersebut.

Terkadang status 'Typing' kerap muncul meskipun sebenarnya lawan bicara kamu tidak sedang mengetik.

Sekarang kamu bisa menghilangkan status 'Typing' dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Memang, trik ini tidak terdapat di pengaturan WhatsApp.

Baca selengkapnya di sini 

12 dari 13 halaman

November

Pendiri WhatsApp Dulu Pernah Ditolak Kerja di Facebook
Pada tahun 2009, Brian Acton rupanya pernah melamar pekerjaan di perusahaan jejaring sosial ternama Facebook dan Twitter namun ditolak.

Pendiri WhatsApp Brian Acton tidak henti-hentinya menyerukan pengguna layanan yang ia buat untuk menghapus akun Facebook. Pernyataan ini diungkapkan Acton pada ulang tahun Wired yang ke-25 beberapa hari lalu.

"Jika kamu ingin tetap memakai Facebook, dan ingin iklan mengikuti kamu, silakan," kata Acton, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (12/11/2019).

Ajakan Acton untuk menghapus akun Facebook bermula dari skandal penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica. Saat itu, #DeleteFacebook menyeruak dan menjadi trending topic di media sosial.

Baca selengkapnya di sini

13 dari 13 halaman

Desember

Galaxy Fold
Main PUBG Mobile dengan Galaxy Fold, layar lebih besar, anti ngelag, dan tampilan High Dynamic Range graphic (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung Galaxy Fold yang baru saja diluncurkan di Indonesia, Jumat (13/12/2019) sudah ludes terjual. Pantauan Tekno Liputan6.com di laman pre-order Galaxy Fold menunjukkan smartphone ini habis terjual hanya dalam 31 menit.

Namun demikian, belum diketahui berapa unit Galaxy Fold yang disediakan Samsung dalam sesi pre-order kali ini.

Samsung membanderolnya dengan harga cukup tinggi, yakni Rp 30.880.000 atau 30,8 jutaan. Banderol harga ini membuat Galaxy Fold jadi smartphone termahal Samsung di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓