Sukses

Telkomsel Uji Kualitas Jaringan 4G di Tol Japek II, Bagaimana Hasilnya?

Telkomsel melakukan pengujian kualitas jaringan 4G di sepanjang akses jalur tol layang Jakarta - Cikampek II Elevated (Japek).

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel melakukan pengujian kualitas jaringan 4G di sepanjang akses jalur tol layang Jakarta - Cikampek II Elevated (Japek II), Jumat (20/12/2019).

Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas infrastruktur jaringan di area tersebut menjelang periode Natal dan Tahun Baru (Naru) 2019.

VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R Chalik, mengungkapkan pihak Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di sekeliling jalur tol, mengingat tingginya yang sekira gedung enam lantai.

Optimalisasi ini termasuk penambahan, serta pergeseran hardware seperti radio dan antena.

"Kami terus melakukan peningkatan, dan kami memastikan pelanggan mendapatkan 100 persen seamless layanan telekomunikasi di tol Japek," ungkap Awal di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Telkomsel saat ini memiliki total 104 BTS 4G existing di jalur tol layang Japek, dan penambahan 67 BTS 4G menjelang Naru. Selain itu, Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas bandwidth 4G pada 99 BTS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BTS 2G dan 3G

Di sepanjang jalur tol tersebut juga terdapat BTS 2G existing 84, dan 3G berjumlah 101.

Telkomsel juga akan melakukan peningkatan dari sisi cakupan jaringan dan kualitas. Selama uji jaringan, coverage (cakupan) mencapai angka 99,35 persen, sedangkan kualitas 93,6 persen.

"Tujuan kami akan memperbaikinya, dan kami akan meningkatkan sisi kualitasnya," tutur Awal.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Drive Test

Berdasarkan hasil drive test, rata-rata kecepatan upload sepanjang jalur tol layang Japek mencapai 16Mbps, dan unduhan sekitar 50Mbps.

Selama drive test ini pengujian dilakukan dengan mengakses layanan data, seperti menonton live streaming dan bermain gim online.

Jalan tol layang Japek memiliki panjang 36,4 kilometer yang menghubungkan Cikunir-Karawang Timur. Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II ini menjadi jalan layang terpanjang di Indonesia.

Jalan tol ini melintasi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini