Sony Rilis Tombol Belakang Tambahan untuk Stik PS4

Oleh Agustinus Mario Damar pada 20 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 07:16 WIB
Sony

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja meluncurkan aksesoris baru yang ditujukan khusus untuk kontroler DualShock 4. Diberi nama Button Attachment, aksesoris ini merupakan tombol tambahan untuk DualShock.

Dikutip dari Polygon, Jumat (20/12/2019), aksesoris ini dibanderol dengan harga USD 29,99 (Rp 419 ribu). Rencananya, Sony akan menjual aksesoris ini mulai 23 Januari 2020.

Aksesoris ini memiliki tiga tombol, dua tombol berfungsi untuk menggantikan fungsi tombol di kontroler. Sementara satu bagian merupakan layar OLED untuk membantu pengguna memprogram fungsi dua tombol lain.

Nantinya, aksesoris ini akan disambungkan dengan port bawah joystik dan menempel di bagian belakang. Secara garis besar, aksesoris besutan Sony ini digunakan untuk membantu pemain menekan tombol depan, tapi dijangkau dari belakang.

Oleh sebab itu, Button Attachment ini dapat membantu pemain yang sedang cedera atau ingin meningkatkan waktu responsnya. Bagian bawah aksesoris ini juga dilengkapi dengan headphone jack.

Selain Sony, Xbox juga pernah mengembangkan kontroler yang dapat dimodifikasi fungsinya seperti ini. Ketika itu, Xbox merilis aksesoris yang diberi nama Xbox Elite. 

2 dari 3 halaman

Sony Tepis Kabar Tanggal Peluncuran dan Harga PlayStation 5

Sony PlayStation
Sony siap merambah pasar mobile dengan ForwardWorks. (Fortune)

Terlepas dari informasi tersebut, baru-baru ini Sony juga membantah informasi mengenai kabar perilisan PS5. Sebab, sebelumnya Gamers Gates, blog asal Jepang itu sempat menyebarkan informasi hoaks tentang tanggal rilis dan harga PS5.

Blog Jepang tersebut mengklaim, PS5 akan diluncurkan pada 4 Desember 2020 dan dijual seharga USD 600 atau sekitar Rp 8,4 jutaan.

Tak hanya itu, mereka juga menyebutkan Sony akan menjual konsol PS5 versi Pro dengan harga fantastis, yakni USD 1000 atau setara dengan Rp 14 jutaan.

Melihat kabar ini menyebar cepat di internet, Sony pun langsung mengonfirmasi informasi terkait tanggal dan harga PS5 tersebut.

Dilansir Famitsu, Rabu (18/12/2019), Sony menyebut informasi tanggal rilis dan harga PS5 yang disebar oleh Gamers Gate adalah hoaks.

3 dari 3 halaman

Banyak Informasi Hoaks di Gamers Gate

Logo PlayStation
Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Selain PS5, Gamers Gate juga sering kali membocorkan informasi tentang berbagai judul gim yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

Salah satu postingan terkini mereka menginformasikan pada Oktober 2019, Pokemon Diamond dan Pearl remake bocor di Amazon Spanyol dengan berbagai gambar cover gim sebagai buktinya.

Namun, berdasarkan pencarian gambar di Google menunjukkan gambar-gambar itu telah muncul di internet sejak 2017.

Hal ini menunjukkan informasi itu palsu atau setidaknya bukan sesuatu yang baru.

Walau kabar tanggal peluncuran dan harga PS5 sudah ditepis oleh Sony, banyak fans setia PlayStation masih penasaran tentang dua hal tersebut.

Mengingat hal itu, kemungkinan akan lebih banyak lagi bocoran dan kabar hoaks tentang PS5 beredar di internet sampai Sony membuat pengumuman resmi tentang konsol penerus PS4 tersebut.

Informasi, PlayStation 5 dijadwalkan akan meluncur pada musim liburan 2020. Sayangnya, Sony belum mengungkap kapan tanggal rilis secara pasti.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓