Sukses

Telkomsigma Luncurkan CloudA untuk Startup dan Pelaku UMKM

Telkomsigma memperkenalkan layanan cloud bernama CloudA yang dikembangkan oleh pihak internal perusahaan dan siap bersaing dengan layanan serupa dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Infrastruktur teknologi informasi tak dimungkiri sudah menjadi pondasi penting bagi pelaku startup dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Salah satunya yang kerap digunakan adalah teknologi cloud computing.

Melihat kondisi itu, Telkomsigma pun meluncurkan layanan cloud baru yang diberi nama CloudA. Layanan cloud Telkomsigma ini dikembangkan oleh pihak internal perusahaan dan siap bersaing dengan layanan serupa dari luar negeri.

"CloudA merupakan produk asli Telkomsigma dan diperkenalkan hari ini ke publik untuk mendukung industri startup dan UMKM," tutur CEO Telkomsigma Sihmirmo Adi dalam acara peluncuran CloudA di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Menurut Adi, layanan CloudA hadir dengan dukungan infrastruktur data center yang sudah dimiliki Telkomsigma. Karenanya, dia mengatakan layanan ini dapat berkompetisi dengan layanan lain yang hadir di Tanah Air.

"Kami memiliki track record sebagai penyedia data center, bersertifikasi Tier 3 dan Tier 4. Jadi, pengalaman dan rekam jejak itu yang menjadi tulang punggung layanan cloud kami," tuturnya menjelaskan.

Dengan memakai layanan CloudA, mitra pengguna tidak perlu lagi pusing mengurus soal infrastruktur perusahaan dan lebih fokus pada pengembangan bisnis inti perusahaan.

Tidak hanya itu, layanan cloud Telkomsigma ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berbekal penggunaan yang simpel dan proses pembayaran yang beragam, layanan ini dapat dengan mudah diakses para penggunanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan di Telkomsigma

VP Cloud Development & Solution Telkomsigma, Arif Rosy (kiri) ; dan CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi (kanan). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Untuk sekarang, CloudA hadir sebagai layanan Infrastructure as a Services (Iaas). Namun ke depannya, Telkomsigma juga berencana untuk menawarkan layanan Software as a Service (Saas) dan Platform as a Service (Paas).

Selain kemudahan yang ditawarkan, sisi keamanan juga menjadi perhatian utama layanan CloudA. Adi menuturkan CloudA menawarkan dukungan dari layanan pelanggan selama 24 x 7 alias sepanjang hari.

Bagi pengguna yang tertarik mendapatkan layanan CloudA, mereka dapat langsung mengakses situs resminya. Paket yang ditawarkan pun terjangkau mulai dari Rp 207 ribu hingga biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

"Kami ingin mengakselerasi startup di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, tidak hanya memanfaatkan layanan CloudA, aplikasi dari para developer itu juga dapat dipasarkan di jaringan Telkom Group," tutur VP Cloud Development & Solution Telkomsigma, Arif Rosy.

Sebagai langkah awal, pelanggan yang pertama kali mendaftar akan mendapat saldo gratis sebesar 500 ribu. Nilai saldo itu dapat digunakan untuk mencoba layanan CloudA selama beberapa bulan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.