Sukses

Apple Bakal Rilis iPhone 2021 Tanpa Lightning Port?

Sejak melakukan perombakan besar ketika menghapus audio jack 3,5mm di iPhone 7, Apple dikabarkan akan menghilangkan lightning port di lini iPhone 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, Apple melakukan sejumlah perombakan terhadap lini iPhone terbarunya.

Sejak melakukan perombakan besar ketika menghapus audio jack 3,5mm di iPhone 7, Apple dikabarkan akan menghilangkan lightning port di lini iPhone 2021.

Analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo, pun memprediksi iPhone 2021 akan hadir dengan berbagi perubahan yang signifikan.

Dikutip dari Cnet, Rabu (18/12/2019), Kuo menyebutkan Apple sedang mempertimbangkan untuk merilis iPhone 2021 tanpa lightning port dan beralih memakai port type-c.

Informasi, kabar ini sudah mencuat sejak 2018. Saat itu, iPhone X dikabarkan bakal muncul tanpa lightning port.

Nyatanya, iPhone X, iPhone XS, hingga iPhone 11 meluncur di pasaran dengan masih mempertahankan konektor lightning.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prediksi Seri iPhone 2020

Penampakan Apple iPhone 11 (kiri) dan iPhone 11 Pro (kanan) saat ditampilkan di Steve Jobs Theatre Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019). Penjualan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro dilakukan pada Jumat, 20 September 2019. (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Selain iPhone 2021, Kuo juga membahas iPhone yang akan rilis tahun depan. Dia mengatakan pada 2021 Apple akan merilis lima model iPhone.

Dari prediksinya, salah satu model iPhone yang rilis adalah SE 2. Smartphone ini disebut memiliki layar LCD berukuran 4,7 inci dan memiliki desain mirip iPhone 8.

Sementara untuk empat model lain, Apple dikabarkan akan memakai layar OLED dan semuanya mendukung jaringan 5G.

Serupa dengan tahun ini, dua model iPhone akan memiliki tiga kamera belakang dan diposisikan sebagai penerus iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Lalu, dua model lainnya dilaporkan sebagai penerus iPhone 11 yang memiliki dua kamera belakang. Namun perbedaannya, Apple merilisnya dalam dua ukuran layar, yakni 6,1 inci dan 5,4 inci.

3 dari 3 halaman

Apple Akan Rilis iPhone Dua Kali Setahun

Peluncuran Apple iPhone 11. Kredit: YouTube/Apple

Selain prediksi dari Mi-Ching Kuo, analis di JP Morgan, Samik Chatterjee, juga sempat membuat prediksi lain. Apple diyakini akan membagi peluncuran iPhone dua kali dalam satu tahun.

Dikutip dari CNBC, Kamis (5/12/2019), Apple dapat memilih untuk meluncurkan iPhone pada musim panas dilanjutkan acara kedua pada musim gugur.

Belun diketahui bagaimana atau seri apa yang bakal diumumkan Apple secara terpisah, namun banyak yang memprediksi Apple bisa fokus meluncurkan iPhone kelas bawah, sementara berikutnya seri flagship.

(Michael Alementa/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.