Sukses

Cara Main Gim di Android Pakai Kontroler Fisik

Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan kontroler fisik untuk pengalaman bermain gim lebih asyik perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran gim Android dengan pengalaman gaming yang mumpuni tak dimungkiri terus hadir. Namun tak jarang, respons kontrol sentuh yang ada di smartphone terkadang kurang memenuhi kebutuhan pemain.

Sebagai gantinya, kamu sebenarnya dapat memanfaatkan kontroler pihak ketiga untuk merasakan pengalaman bermain yang lebih baik. Terlebih, sejumlah gim di Android juga sudah mendukung kontroler fisik, sehingga pengalaman bermain lebih optimal. 

Untuk bermain gim di perangkat Android, kamu juga tidak perlu membeli kontroler khusus. Kamu bisa memakai kontroler dari konsol lain, seperti PS4, Xbox One, hingga Nintendo Switch.

Nah, untuk mengetahui cara menghubungkan kontroler fisik dengan perangkat Android, berikut ini ada beberapa langkahnya seperti dikutip dari Make Use Of, Selasa (17/12/2019).

1. Kontroler USB

Kalau kamu ingin memakai kontroler USB biasa sebagai kontroler, diperlukan kabel USB-OTG. Dengan dongle khusus ini, perangkat Android-mu dapat membaca perangkat lain dengan keluaran USB standar.

Kabel khusus ini dapat dengan mudah kamu temukan di sejumlah toko online atau toko offline. Namun sebelum membelinya, pastikan untuk membeli yang sesuai dengan port di perangkat Android-mu, apakah USB Type-C atau micro-USB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kontroler Bluetooth

Apabila kamu sudah memiliki kontroler bluetooth biasa, tidak diperlukan dongle tambahan. Sebab, seluruh perangkat Android saat ini sudah dibekali dengan fitur bluetooth.

Jadi, kamu tinggal mengaktifkan fitur bluetooth di smartphone dan menghubungkannya dengan kontroler. Hanya perlu diingat, ada beberapa gim yang membutuhkan software tambahan untuk dapat dikendalikan lewat kontroler.

3 dari 5 halaman

3. Kontroler Xbox One

Untuk menghubungkan kontroler Xbox One dengan perangkat Android, kamu dapat memanfaatkan koneksi bluetooth. Akan tetapi, pastikan baterai kontroler itu sudah terisi penuh.

Setelah itu, kamu tinggal menahan tombol Sync dalam beberapa detik. Begitu terbaca di perangkatmu, tinggal hubungkan dan ikuti instruksi selanjutnya untuk dapat langsung bermain.

4 dari 5 halaman

4. Kontroler PlayStation 4

Sony sudah sejak lama memanfaatkan fitur bluetooth untuk kontrolernya sejak lama, sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk terhubung dengan perangkat Android.

Cara mengaktifkannya, kamu tinggal menekan tombol PlayStation dan Share secara bersamaan. Setelah itu lampu kontroler akan berkedip dan kamu akan melihat nama Wireless Controller di perangkat Android untuk memulai proses koneksi.

5 dari 5 halaman

5. Joy-Con Nintendo Switch

Joy-Con Nintendo Switch sebenarnya juga dapat dihubungkan dengan perangkat Android-mu. Kamu dapat menggunakannya secara terpisah atau memakai sebagai satu kontroler utuh.

Namun untuk menghubungkannya dengan perangkat Android, kamu perlu adapter nirkabel khusus atau dongle yang kompatibel. Setelah itu, kamu tinggal menghubungkan dan memakainya untuk bermain.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.