Sukses

Telkomsel Jadi Operator dengan Internet Tercepat Versi OpenSignal

Mengutip hasil temuan di laman OpenSignal, Telkomsel dianggap memiliki pengalaman video, suara, kecepatan uduh, unggah, dan pengalaman latensi.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan internet paling cepat di Indonesia oleh OpenSignal.

Mengutip hasil temuan di laman OpenSignal, Senin (16/12/2019), Telkomsel dianggap memiliki pengalaman video, suara, kecepatan uduh, unggah, dan pengalaman latensi terbaik.

Sementara, berdasarkan laporan yang sama, Smartfren unggul dalam hal ketersediaan layanan 4G. Jika ditilik lebih lanjut, ketersediaan 4G Smartfren mengkover 96,4 persen.

Sementara itu, operator Indosat mengkover 86,3 persen, diikuti Telkomsel 86,7 persen, XL 87 persen, dan Tri 90,9 persen.

Dari sisi pengalaman video, saat ini konsumsi video memang tengah meningkat di Indonesia. Telkomsel berada di peringkat Baik dengan skor 4,5 poin dengan skor 59 (dari 100).

"Peringkat Baik berarti pengguna menikmati pengalaman yang bagus saat streaming video mobile pada resolusi rendah. Namun, waktu loading-nya masih rendah, tiba-tiba berhenti, khususnya di video resolusi tinggi," kata OpenSignal.

Sementara, ketiga operator yakni XL, Indosat, dan Tri harus puas dengan peringkat Sedang.

"Para pengguna kami di operator Tri dan XL mengalami peningkatan yang sama, namun Indosat adalah operator yang mengalami lompatan terbesar mendekati 7 poin, ketiganya berada di peringkat Sedang," tulis laporan Opensignal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Video

Untuk pengalaman video, Smartfren dianggap masih kendor di urutan terakhir dengan peringkat Buruk. Dibandingkan laporan sebelumnya, Smartfren masih dianggap sama.

Selanjutnya, dari segi pengalaman panggilan suara lewat aplikasi, Telkomsel masih jadi pemenangnya. Hal ini berdasarkan pengalaman pengguna saat memakai layanan OTT WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger.

Kendati demikian, jika melihat grafik metrik laporan OpenSignal, kelima operator di Indonesia masih cukup baik untuk panggilan suara dengan aplikasi meski ada gangguan pada suara berupa bunyi klik atau diam tanpa suara saat panggilan berlangsung.

OpenSignal menyebut, jaringan seluler Indonesia kian cepat dalam memberi pengalaman kecepatan pengunduhan. "Kami melihat peningkatan yang baik dari kelima operator di Indonesia dengan peningkatan persentase dua digit untuk kelima operator," kata OpenSignal.

Lebih lanjut, Telkomsel memimpin dari segi kecepatan unduhan dengan kecepatan mencapai 12Mbps. XL berada di kecepatan 8,7Mbps, Indosat 6.6Mbps, Tri di 6,5Mbps, sementara Smartfren di 4,7Mbps.

Beralih ke kecepatan unggah, Telkomsel memiliki kecepatan unggah hingga 5Mbps, diikuti oleh XL 4,5Mbps, Tri 4,0Mbps, Indosat 3,6Mbps, dan Smartfren 1,4Mbps.

3 dari 3 halaman

Smartfren Unggul di Cakupan 4G

Dari segi pengalaman latensi, Telkomsel tetap memimpin dengan skor latensi lebih rendah. Khusus untuk latensi, makin rendah angkanya, makin bagus latensinya.

Telkomsel memiliki latensi 45,5 mili detik, sementara Tri memiliki latensi 51,3 mili detik, XL 59,9 mili detik, Smartfren memiliki latensi 60,6 detik, dan Indosat memiliki latensi 67,4 mili detik.

Cakupan 4G kembali dimenangkan oleh Telkomsel dengan skor mendekati 8 pada skala 0-10. Di belakang Telkomsel ada XL dengan skor 5,9, Indosat dengan skor 5,6, Smartfren dengan skor 4,8, dan Tri 4,1.

Khusus untuk kategori ketersediaan 4G, Smartfren berhasil mengungguli Telkomsel di setiap lokasi. OpenSignal menyebut, jaringan 4G Smartfren tersambung paling sedikit 96 persen di 24 kota di sepanjang waktu.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.