10 Tokoh yang Kepergiannya Paling Bikin Mewek Warganet

Oleh Iskandar pada 16 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 20:13 WIB
20150902-Reza Rahadian Rayakan Satu Dekade Berkarier di Dunia Film-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Selain peristiwa nasional dan daftar nama tokoh yang menginspirasi, Google Year In Search 2019 juga merilis daftar nama tokoh yang kepergiannya paling menuai perhatian atau bikin 'mewek' warganet sepanjang 2019.

Dua di antaranya adalah Ani Yudhoyono dan BJ Habibie. Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini meninggal dunia karena kanker darah usai dirawat di ICU National University Hospital Singapura, pada Sabtu (1/6/2019).

Sementara BJ Habibie yang merupakan Presiden RI ke-3, meninggal dunia karena usia dan gagal jantung setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, pada (11/Rabu9/2019).

Saat kedua tokoh Indonesia tersebut meninggal dunia, banyak warganet yang merasa kehilangan dan ramai-ramai mengirimkan doa melalui media sosial, terutama Twitter.

 

2 of 4

Daftar Lengkap

Kesetiaan SBY Menemani Ani Yudhoyono Melawan Kanker
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan sang istri Ani Yudhoyono melihat dari balik kaca saat menjalani pengobatan di National University Hospital, Singapura. (Liputan6.com/HO)

Berikut adalah daftar lengkap kepergian tokoh Indonesia yang meramaikan pencarian di Google sepanjang 2019.

1. Ani Yudhoyono

2. BJ Habibie

3. Sutopo Purwo Nugroho

4. Muhammad Arifin Ilham

5. Sulli

6. Goo Hara

7. Cecep Reza

8. Robby Tumewu

9. Alfin Lestaluhu

10. Afridza Munandar

Year in Search 2019 sendiri menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Data diperoleh berdasarkan penelusuran sampai dengan 28 November 2018 dan daftar tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas hasil penelusuran.

 

3 of 4

Tak Sekadar Data

Google 2019
Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU, Veronica Utami, di Jakarta, Rabu (11/12/2019). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU, Veronica Utami, pengungkapan hasil penelusuruan ini dilakukan setiap tahun dan selalu menarik.

"Hasil penelusuran ini tidak sekadar menampilkan data, tapi juga mengetahui apa yang dirasakan dan dialami orang Indonesia sepanjang 2019. Hal itu dapat diketahui dari pencarian yang dilakukan pengguna di tahun ini," tuturnya saat event Year in Search 2019 di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Lebih lanjut Veronica mengatakan untuk tahun ini, Google juga menambahkan kategori baru, yaitu kepergian tokoh. Kategori ini hadir untuk memberi perhatian lebih pada tokoh-tokoh inspiratif bagi orang banyak.

"2019 adalah tahun penuh perubahan dan harapan bagi Indonesia tidak hanya negara, tapi juga individu. Hal itu dapat dilihat dari pencarian individu yang ingin melakukan perubahan, seperti mencari gaya hidup sehat," tuturnya menjelaskan.

4 of 4

Cinta Luar Biasa hingga Nadiem Makarim

Event Google Year in Search 2019. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Dari hasil penelusuran Google di tahun ini, lagu "Cinta Luar Biasa" masuk dalam daftar yang paling populer. Lagu yang dinyanyikan Andmesh ini berada di urutan 10 besar, bersama topik lain, seperti bucin hingga Nadiem Makarim. 

Untuk informasi, topik yang masuk dalam daftar trending ini merupakan pencarian yang dilakukan secara berkelanjutan dan terus bertambah. Selain itu, daftar ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas pencarian. 

"Saya tidak menyangka lagu 'Cinta Luar Biasa' menjadi penelusuran terpopuler. Terima kasih untuk seluruh support yang diberikan sepanjang 2019," tutur Andmesh menanggapi keberhasilan lagunya menjadi pencarian terpopuler di Indonesia.

Nah, bagi kamu yang penasaran tentang daftar pencarian terpopuler di Google sepanjang 2019, berikut ini ada daftar lengkapnya:

1) Cinta Luar Biasa

2) Pilpres 2019

3) Dua Garis Biru

4) Hidup Sehat

5) Bucin

6) KKN Desa Penar

7) Telur Gulung

8) Keluarga Cemara

9) Nadiem Makarim

10) RUU KUHP

(Isk/Why)

Lanjutkan Membaca ↓