Sukses

Bug di iOS Bikin Anak Lepas dari Kontrol Orangtua

Yang mengkhawatirkan adalah bug itu membuat anak-anak berpotensi terbebas dari fitur kontrol otangtua.

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat Apple dengan iOS terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur kontrol orangtua bawaan.

Fitur ini dirancang untuk mencegah anak-anak menggunakan perangkat mereka secara berlebihan, melihat konten yang tidak seharusnya, dan sebagainya.

Namun, pada pembaruan iOS anyar (iOS 13.3), ada bug yang membuat salah satu fitur baru tidak berguna. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (14/12/2019).

Fitur baru yang dimaksud adalah Communication Limit, yang dirancang untuk membantu orangtua membatasi dengan siapa anak-anak mereka berbicara, terutama orang asing yang tidak ada dalam daftar kontak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Mengkhawatirkan

Yang mengkhawatirkan adalah bug itu membuat anak-anak berpotensi terbebas dari fitur tersebut. Hal ini kemungkinan ada hubungannya dengan iCloud, di mana kamu harus menyimpan kontak di iCloud secara default.

Jika kontak tidak disimpan, ketika nomor yang tak dikenal masuk ke fitur telepon, anak akan diberi opsi untuk menambahkan nomor ke daftar kontak mereka.

Pada akhirnya melewati Communication Limit dan memungkinkan mereka menelepon, melakukan FaceTime, dan/atau mengirim pesan ke teks nomor tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tanggapan Apple

Menanggapi hal tersebut Apple menyatakan bahwa mereka sedang melakukan perbaikan yang akan dirilis dalam pembaruan mendatang.

"Masalah ini hanya terjadi pada perangkat yang diatur dengan konfigurasi non-standar, dan solusinya tersedia. Kami sedang mengerjakan perbaikan lengkap dan akan merilisnya dalam pembaruan perangkat lunak yang akan datang," ujar Apple kepada CNBC.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.