Sukses

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2020, Total Hadiah Capai Rp 1,6 Miliar

Telkomsel bersama dengan Dunia Games menggelar kembali liga esports terbesar di Indonesia, yakni Dunia Games League 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Esports saat ini memang sedang berkembang pesat, baik dari segi jenis gim yang dipertandingkan hingga jumlah hadiah yamg diperebutkan.

Tak ingin kehilangan momen tersebut, Telkomsel bersama dengan Dunia Games menggelar kembali liga esports terbesar di Indonesia, yakni Dunia Games League 2020.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini penyelenggara membagi babak kualifikasi ke dalam empat kategori, yakni amatir, kampus, profesional, dan online," papar Auliya Ilman Fadli, General Manager Games Division, PT Telkomsel saat jumpa media, Kamis (12/12/2019).

Ia menjelaskan, masing-masing tim yang lolos kualifikasi dan juara di babak final akan berkesempatan untuk mendapatkan uang hadiah dengan total Rp 1,6 miliar.

Untuk judul gim yang dipertandingkan pada turnamen esports, Dunia Games League 2020 adalah gim PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile terbitan Tencent.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Empat Kualifikasi Dunia Games League 2020

Auliya Ilman Fadli, General Manager Games Division, PT Telkomsel saat jumpa media, Kamis (12/12/2019)

Lebih lanjut, kualifikasi amatir akan diadakan secara serentak di 122 kota. Nanti, 4 tim terbaik akan dipertandingkan di tingkat nasional.

"Registrasi kualifikasi amatir sudah dimulai pada awal Desember 2019, dan mulai berkompetisi pada awal Januari 2020," tambahnya.

Sedangkan untuk kategori kualifikasi kampus akan berlangsung di 64 kampus se-indonesia, dan hanya akan ada 4 tim terbaik menuju grand final.

"Untuk kualifikasi profesional, kita akan mengundang 16 tim esports terbaik di Indonesia. Mereka akan mulai bertanding mulai pertengahan Januari dan ditayangkan live."

Pada babak ini, hanya ada 8 tim esports yang akan memperebutkan gelar juara pada grand final.

Sedangkan peserta kualifikasi online ditargetkan akan mencapai 1000 tim, 4 tim terbaik akan mendapatkan wild card untuk memperebutkan gelar juara pada grand final.

Seluruh tim yang lolos kualifikasi akan bertanding di babak grand final pada akhir Februari 2020.

3 dari 3 halaman

Disambut Baik Kemenpora

Sekretaris Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Aris Subiyono, saat di acara Dunia Games League 2020. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Lebih lanjut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Aris Subiyono, menyambut baik turnamen esports ini.

"Kami (pemerintah) menyambut baik liga esports terbesar di Indonesia ini, semoga dengan gelaran ini bakal ada lebih banyak lagi pemain-pemain pro yang bisa bertanding di kancah internasional," ujar Aris.

Ia melanjutkan, perkembangan esports di Indonesia ini sangat cepat dan dinamis. "Saat ini kami bersama dengan tenaga ahli sedang berusaha meracik regulasi esports, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi."

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.