Sukses

Jutaan Pengguna Tak Akan Bisa Akses WhatsApp Tahun Depan, Kenapa?

Pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi WhatsApp. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, WhatsApp saat ini merupakan salah satu aplikasi pesan yang paling banyak penggunanya di dunia.

Toh, WhatsApp sendiri merupakan layanan gratis dan dapat digunakan selama kamu terkoneksi internet.

Namun, pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi milik Facebook tersebut. Kenapa?

Dikutip dari laman bantuan di web perusahaan, Kamis (12/12/2019), WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di smartphone yang menjalankan iOS dan Android lawas.

Adapun OS yang tidak mendukung WhatsApp lagi, yakni perangkat yang masih menjalankan iOS 8 atau sebelumnya.

Sementara itu, perangkat Android yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan Android 2.3.7 atau sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak ke Pengguna Android dan iOS

WhatsApp. Dok: gadgetsnow.com

Dari sisi pengguna Android, berhentinya layanan WhatsApp di perangkat lama OS milik Google ini tidak akan berpengaruh besar kepada pengguna.

Google sendiri saat ini sudah meluncurkan Android 10, yang jumlah smartphone yang memakai Android 2.3.7 ini sudah tidak banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan iOS?

Namun, untuk perangkat iOS ini dapat berpotensi mempengaruhi lebih banyak pengguna karena iOS 8 tidak setua Android 2.3.7.

Dengan batasan "usia" OS Android dan iOS, ini mungkin saatnya yang tepat untuk mempertimbangkan upgrade perangkat yang digunakan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.