LG Perkenalkan Mesin Cuci Baru Berteknologi Kecerdasan Buatan

Oleh Yuslianson pada 10 Des 2019, 16:26 WIB
Diperbarui 10 Des 2019, 16:26 WIB
LG Mesin Cuci
Perbesar
LG perkenalkan mesin cuci baru berteknologi AI. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Integrasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) ke perangkat sehari-hari semakin banyak diadopsi oleh perusahaan di dunia.

Hal tersebut terbukti dengan semakin banyak perusahaan menambahkan kata "smart" ke label merek besutan mereka.

Contoh terkini adalah perusahaan elektronis asal Korea Selatan, LG, yang memperkenalkan mesin cuci mereka dengan teknologi AI DD (Direct Drive).

Tak hanya mengandalkan teknologi canggih, LG juga ingin fokus pada perlundungan kesehatan dan higienitas saat mencuci pakaian.

"Saat ini masyarakat semakin sadar tentang bagaimana gaya hidup sehat di tengah penurunan kondisi lingkungan sekitar," ujar Jun Yub Lee, Product Marketing Manager Home Appliance PT LG Electronics Indonesia, Selasa (10/12/2019)

"Karena itu, kami membuat perangkat berteknologi canggih untuk menjawab kebutuhan perlindungan kesehatan pengguna,"

Guna mewujudkan hal tersebut, LG memperkenalkan teknologi Steam+, TurboWash360, dan pemilihan material stainless steel untuk tabung di mesin cuci terbarunya.

 

2 dari 2 halaman

Fungsi AI di Mesin Cuci Baru LG

Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti disebutkan sebelumnya, mesin cuci baru milik LG ini sangat mengandalkan teknologi AI. Tapi buat apa kecerdasan buatan ada di mesin cuci?

"Berbekal 20,000 data algoritma pencucian yang sudah terkumpul, AI di mesin cuci LG memiliki kemampuan mendeteksi karakteristik cucian," jelas Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

"Mesin cuci kami dapat mendeteksi berat cucian, hingga memiliki kemampuan memilih gerak pencucian otomatis berdasarkan tingkat kelembutan bahan pakaian yang dicuci."

Di sisi lain, Rumbi menyatakan, kecanggihan Al ini pun memberi manfaat pada kemudahan bagi siapapun untuk menggunakan mesin cuci ini.

"Tak perlu kerumitan menguasai atau mengajari penggunaannya. Cukup pisahkan pakaian berdasarkan karakteristiknya, masukkan dan biarkan mesin cuci bekerja dengan pilihan paling sesuai untuk hasil cuci optimal," pungkasnya.

Tertarik untuk membeli mesin cuci berteknologi AI DD milik LG ini? Perusahaan menbanderol perangkat ini seharga Rp 10 jutaan.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓