Sukses

Tersandung Kasus Korupsi, Ericsson Harus Bayar Rp 15 Triliun

Atas tuduhan korupsi, perusahaan telekomunikasi Ericsson diharuskan membayar uang senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Atas tuduhan korupsi, perusahaan telekomunikasi Ericsson diharuskan membayar uang senilai USD 1,1 miliar--sekitar Rp 15 triliun.

Perusahaan asal Swedia itu dilaporkan tersandung kasus korupsi di sejumlah negara, termasuk Tiongkok, Arab Saudi, dan Vietnam.

Mengutip Reuters, Selasa (10/12/2019), Ericsson dituduh melanggar Undang-Undang Praktik Korupsi Asing (Foreign Corrupt Practices Act) pada periode 2000 hingga 2016.

Praktik itu dilakukan dengan cara menyuap pejabat untuk akuisisi pengguna. Selain itu, Ericsson juga dituduh telah memalsukan laporan dan gagal menerapkan pengendalian akuntansi yang "masuk akal".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyuapan Antara 2011 dan 2017.

Lebih lanjut, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat juga menuduh Ericsson telah melakukan penyuapan antara 2011 dan 2017.

"Praktik korupsi sama sekali tidak dapat dibenarkan," kata petinggi perusahaan, Borje Ekholm, yang mengisi posisinya per Januari 2017.

Lebih lanjut, Borje menyebut bahwa perusahaan telah mengambil langkah penting lainnya terkait kasus ini.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini