Sukses

CEO Amazon Berambisi Kerja Sama dengan Pentagon

CEO Amazon.com, Jeff Bezos, mengatakan akan mendukung Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Amazon.com, Jeff Bezos, mengatakan akan mendukung Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau lebih dikenal Pentagon. Perusahaan teknologi tersebut dilaporkan akan terus bersaing untuk kontrak pertahanan.

"Kami akan mendukung Departemen Pertahanan, negara ini penting," kata Bezos dalam forum pertahanan tahunan di Reagan Library di Simi Valley, California, AS, seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/12/2019).

Perusahaan-perusahaan teknologi menghadapi tantangan ketika bekerja dengan Pentagon. Tahun lalu, sebuah program Pentagon bernama Project Maven, memicu pemberontakan di dalam Google. Sejumlah karyawan menentang teknologi Google digunakan dalam peperangan.

Para karyawan itu mengatakan, hal tersebut bertentangan dengan tujuan Google yang tidak melakukan hal berbahaya dan menyebutkan berisiko menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang baru "lahir" dalam situasi mematikan.

Sementara itu, Bezos mengatakan mendukung karyawan yang memiliki pandangan kuat. Namun semua itu tergantung kepada para pemimpin perusahaan untuk memberikan panduan tentang proyek apa yang akan, dan tidak akan mereka lakukan.

"Menurut saya, jika teknologi besar membalikkan punggungnya dari Departemen Pertahanan, negara ini dalam masalah besar," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompetisi di Pentagon

Amazon sendiri ikut berkompetisi untuk memberikan layanan cloud computing di Pentagon. Namun, perusahaan pada bulan lalu mengajukan gugatan di pengadilan federal yang menentang keputusan Pentagon untuk memberikan kontrak cloud computing senilai USD 10 miliar kepada pesaingnya, Microsoft.

Amazon sebelumnya dianggap berpeluang besar memenangkan kontak Joint Enterprise Defense Infrastructure Cloud (JEDI), sebelum akhirnya Microsoft keluar sebagai pemenang. Kontrak tersebut merupakan bagian dari proyek modernisasi digital yang lebih luas di Pentagon.

Amazon sebelumnya mengatakan, politik menghalangi proses penawaran yang adil. Bezos sebagai CEO Amazon dan pemilik Washington Post, kerap mengkritik Presiden AS, Donald Trump.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini