Ini Deretan Vendor yang Bakal Rilis Smartphone 5G dengan Chipset Snapdragon

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 13:14 WIB
Snapdragon 865

Liputan6.com, Maui - Qualcomm merilis chipset terbarunya yang mendukung 5G, yakni Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 (dan 765G untuk seri gaming).

Snapdragon 865 menjadi chipset flagship milik Qualcomm, sementara Snapdragon 765 hadir untuk perangkat yang lebih terjangkau, tetapi tetap mendukung 5G.

Bersamaan diumumkannya chipset ini, Qualcomm juga memberikan kesempatan pada sejumlah mitra vendor smartphone untuk membuat pengumuman penting.

Pengumuman yang dimaksud adalah kehadiran smartphone 5G di 2020 menggunakan chipset terbaru Qualcomm di atas.

Ada perwakilan empat dari vendor smartphone yang naik ke panggung Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Keempat vendor tersebut antara lain adalah Xiaomi, Oppo, Motorola, dan HMD Global selaku pemilik lisensi smartphone Nokia.

Pertama adalah Co-Founder sekaligus Vice Chairman Xiaomi Corporation Xiaomi, Lin Bin, yang langsung menyebut, flagship smartphone Mi 10 yang dirilis tahun 2020 akan menggunakan chipset Snapdragon 865.

Tak hanya satu, Xiaomi memperkirakan ada lebih dari 10 smartphone 5G yang akan dirilis tahun ini, kemungkinan besar semuanya menggunakan chipset Snapdragon 865.

Co-Founder sekaligus Vice Chairman Xiaomi Corporation Xiaomi Lin Bin hadiri Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar informasi, Xiaomi Mi 10 sendiri merupakan penerus dari Mi 9 yang pada 2019 ini dirilis menggunakan chipset Snapdragon 855.

Xiaomi Mi 10 sendiri merupakan penerus dari Mi 9 yang pada 2019 ini dirilis menggunakan chipset Snapdragon 855.

"Tahun ini, kami merilis smartphone Mi 9 dengan chipset Snapdragon 855. Kalau diingat-ingat, semua flagship smartphone kami mulai dari Mi 1, Mi 2, Mi 3, Mi 4, Mi Note, sampai ke seri Mi Mix semuanya ditenagai Snapdragon seri 8. Kini, saya umumkan Mi 10 akan jadi salah satu smartphone pertama yang pakai Snapdragon 865," kata Lin Bin di acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019 di Maui, Selasa (3/12/2019).

 

2 of 4

Oppo

VP sekaligus President of Global Sales Oppo Alen Wu (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kedua ada Oppo yang diwakili oleh Vice President and President of Global Sales Oppo, Alen Wu. Dalam kesempatan ini, Alen mengatakan, perusahaan akan merilis sebuah smartphone flagship 5G dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 865. Namun, Alen tak menyebut tipe smartphone tersebut.

"Smartphone 5G dengan dukungan Qualcomm Snapdragon 865 ini akan dirilis di kuartal pertama 2020," kata Alen.

Bukan hanya itu, ia juga memastikan Oppo akan merilis sebuah smartphone 5G lain dengan Snapdragon 765G. Perangkat yang dimaksud adalah Oppo Reno3 Pro.

Dalam keterangan resmi Oppo, disebutkan Reno3 Pro bakal diperkenalkan pada bulan ini. Perangkat ini menjadi smartphone pertama yang dibekali dengan chipset Snapdragon 765 yang telah terintegrasi dengan 5G.

 

3 of 4

Motorola

Nokia luncurkan chipset 5G bernama ReefShark. (Doc: Electronic Weekly)

Masih dalam panggung yang sama, President Motorola, Sergio Buniac mengatakan, 5G termasuk fokus utama bagi Lenovo. Baik dari infrastruktur jaringan hingga perangkat personal (smartphone dan PC), semuanya tengah dikembangkan oleh Lenovo.

"Lenovo berencana untuk jadi salah satu yang pertama merilis smartphone 5G serta mengembangkan PC 5G," kata Sergio Buniac.

Ia menjelaskan, di bisnis mobile, Motorola akan terus memimpin era 5G dengan memperluas lini smartphone dan solusi 5G di 2020.

"Kami akan melanjutkan kepemimpinan di era 5G dengan menghadirkan berbagai lini dan solusi 5G di 2020. Melihat performa tinggi mobile platform Snapdragon 765 dan 865, kami ingin mengembalikan tempat kami di jajaran perangkat premium top," katanya.

 

4 of 4

Nokia

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

Begitu juga dengan Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas, yang menyebut, prioritas dari Nokia pada 2020 adalah membuat 5G lebih mudah diakses oleh siapapun.

"Caranya dengan menghadirkan smartphone terjangkau tetapi berkelas premium, membawa pengalaman 5G yang bisa berjalan dengan baik di jaringan NSA (non-stand alone) atau SA (stand-alone), menggunakan Snapdragon 765," kata Sarvikas.

Lebih lanjut, dia menyebut, Snapdragon 765 juga memungkinkan Nokia untuk mendapatkan dukungan kapabilitas dari teknologi PureDisplay dan solusi imaging ZEISS milik Nokia.   

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓