Fast Charging Xiaomi Bisa Isi Baterai 4.000mAh Sampai Penuh Cuma 17 Menit

Oleh Agustinus Mario Damar pada 21 Nov 2019, 14:30 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 14:30 WIB
Logo Xiaomi
Perbesar
Logo Xiaomi (Foto: Agustin Setyo Wardani / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya menunjukkan pada publik mengenai kemampuan teknologi fast charging terbaru besutannya. Sebelumnya, teknologi ini sempat diungkap melalui video singkat beberapa bulan lalu.

Dikutip dari BGR, Kamis (21/11/2019), teknoogi ini didemonstrasikan pada ajang Xiaomi Developer Conference di Tiongkok. Saat demo tersebut, Xiaomi berhasil menunjukkan kemampuan pengisian daya super cepat miliknya.

Dalam demo tersebut, perusahaan menunjukkan teknologi bernama super charge turbo itu mampu mengisi daya hingga penuh sebuah smartphone berkapasitas 4.000mAh dalam waktu 17 menit.

Untuk informasi, output yang digunakan sebagai pendukung fitur ini adalah 100W. Selain itu, Xiaomi juga menyertakan sembilan lapis perlindungan, tujuh berada di motherboard dan dua lainnya ada di baterai.

Sayang, Xiaomi belum mengungkap kapan teknologi ini akan digunakan. Namun menurut sejumlah prediksi, Redmi K30 Pro atau Mi MIX 4 dapat menjadi yang pertama menggunakannya.

Sebelumnya, informasi tentang teknologi ini diungkap co-founder dan President Xiaomi, Lin Bin, melalui akun Weibonya. Dia mengungkapnya melalui sebuah video perbandingan.

Dalam video tersebut, dia membandingkan teknologi Xiaomi ini dengan SuperVOOC Flash Charge dari Oppo.

Video itu memperlihatkan teknologi milik Oppo hanya mempu mengisi baterai berkapasitas 3.700mah sebanyak 65 persen dalam waktu 17 menit.

2 dari 3 halaman

Vivo Pamer Fitur Fast Charging Baru, 13 Menit Baterai Penuh

Vivo V15
Perbesar
Vivo V15 (Sumber: vivo.com)

Selain Xiaomi, giliran Vivo yang memamerkan fitur fast charging yang dimilikinya. Dikutip dari Phone Arena, Vivo menyebut teknologi ini sebagai 120W Super FlashCharge.

Kemampuan fitur ini diungkap Vivo melalui situs media sosial Weibo beberapa waktu lalu. Melalui unggahan tersebut, perusahaan asal Tiongkok itu menunjukkan kemampuan fast charging yang dimilikinya dalam sebuah video pendek.

Vivo mengklaim kemampuan teknologi ini mampu mengisi baterai berkapasitas 4.000mAh dari kondisi nol persen hingga 100 persen selama 13 menit.

Sayang, Vivo tidak mengungkap informasi lebih lanjut mengenai kemampuan fitur fast charging ini. Untuk itu, belum dapat dipastikan kapan Vivo akan mulai memproduksi teknologi ini secara massal.

3 dari 3 halaman

Samsung Galaxy A91 Bakal Disokong Fast Charging 45W

Samsung MWC
Perbesar
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Terlepas dari dua kabar sebelumnya, Samsung juga dilaporkan sudah menyiapkan dukungan fast charging 45W untuk Galaxy A91. Informasi ini diungkapkan oleh pihak Samsung Hungaria.

Ini bukan kali pertama informasi mengenai Galaxy A91 beredar di internet. Sebelumnya, muncul laporan yang menyebutkan smartphone tersebut akan memiliki kamera utama 108MP, 16MP untuk ultra-wide, dan 12MP untuk telephoto dengan 5x optical zoom.

Selain itu Samsung juga akan menyertakan kamera 3D ToF. Sayangnya belum ada konfirmasi tentang harga jual dan peluncurannya di berbagai pasar. 

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓