Sukses

Google Assistant Kini Bisa Pesan GoFood sampai Akses Informasi tanpa Koneksi Internet

Google Assistant kini bisa mengakses aplikasi-aplikasi pihak ketiga, sebut saja aplikasi BCA Mobile Banking hingga pesan makanan dengan GoFood

Liputan6.com, Jakarta - Google Assistant kini makin cerdas. Google telah menambahkan kemampuan baru untuk Google Assistant di Indonesia.

Salah satunya adalah Google Assistant kini bisa mengakses aplikasi-aplikasi pihak ketiga, sebut saja aplikasi BCA Mobile Banking hingga pesan makanan dengan GoFood.

Dalam sesi keynote di Google for Indonesia, Google Assistant Program & NBU Lead Nimesh Ranjan mengatakan, Google Assistant dirancang untuk mempermudah pengguna dalam berbagai aktivitasnya.

Dia mengatakan pengguna hanya perlu mengucapkan perintah, kemudian akan mendapatkan bantuan instan dari Google Assistant.

"Orang Indonesia terbilang aktif menggunakan bantuan Google Assistant. Untuk itu Google membuat fitur ini lebih bermanfaat, aman, dan bisa diakses semua orang," kata Ranjan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Google Assistant

1. Integrasi dengan Merek Lokal

Google Assistant kini terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lokal yang membantu para penggunanya. Ranjan mengatakan, tahun lalu Google Assistant bisa dipakai untuk memesan layanan transportasi.

"Tahun ini kita bisa lakukan hal yang lebih dengan Gojek. Misalnya, untuk memesan makanan dan memantau sampai mana pesanan pengguna," kata Ranjan.

Jika diakses dengan Bahasa Indonesia, pengguna hanya perlu menyebut permintaan ke Google Assistant "Pesan martabak dari Gojek."

Perintah ini bakal langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat dan bisa melacak pesanan milik pengguna.

Begitu juga dengan pengecekan saldo di rekening BCA. Pengguna hanya perlu mengucap pesan "Cek saldo di BCA" kemudian Google Assistant akan memperlihatkan jumlah saldo, sesuai yang diminta.

3 dari 4 halaman

2. Lebih Privat, Bisa Hapus Daftar Rekaman Pencarian

Ranjan menjelaskan fitur kedua di Google Assistant yang baru dirilis, yakni terkait dengan privasi pengguna.

"Kami ingin meningkatkan privasi pengguna. Oleh karenanya, kini Google memungkinkan pengguna untuk menghapus percakapan yang sudah dilakukan, hapus semua, sebulan terakhir, atau percakapan tertentu," katanya.

Dia menjelaskan, pengguna hanya perlu memerintah ke Google Assistant untuk menghapus aktivitas dengan mudah.

Pengguna cukup mengucapkan "Ok Google, hapus hal terakhir yang saya bilang" atau "OK Google, hapus semua yang saya katakan minggu lalu" untuk memerintah Google Assistant.

4 dari 4 halaman

3. Phone Line, Akses Google Tanpa Koneksi Internet

Ranjan juga mengatakan, Google ingin membuat informasi jadi lebih mudah diakses semua orang. Selama beberapa bulan terakhir, Google telah menguji coba Phone Line dengan Indosat Ooredoo untuk fitur Google Assistant.

Dengan Phone Line, pengguna tak butuh smartphone atau koneksi internet untuk bisa berbicara dengan Google Assistant. Pengguna hanya perlu menekan 696 (bebas pulsa) dari perangkatnya kemudian akan terhubung dengan Google Assistant dan melakukan pencarian.

Proyek ini telah dimulai dan ribuan orang telah menguji layanan ini di Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang.

Menurut Ranjan, penelepon paling aktif menanyakan hingga lima puluh pertanyaan setiap hari untuk mencari informasi tentang berbagai hal. Saat ini, fitur tersebut tersedia untuk pengguna Indosat Ooredoo di kota-kota di atas.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.