Sukses

Ini 4 Inisiatif Google Bantu Masyarakat Indonesia Maju di Bidang Teknologi

Pada acara Google for Indonesia digelar di Jakarta, Rabu (20/11/2019), Google memperkenalkan sejumlah fitur baru.

Liputan6.com, Jakarta - Google menggelar Google for Indonesia, sebuah ajang perkenalan berbagai inisiatif, produk dan fitur baru Google untuk membantu orang Indonesia.

Pada acara Google for Indonesia digelar di Jakarta, Rabu (20/11/2019) ini, Google memperkenalkan sejumlah fitur baru pada Google Assistant, Google Maps, Google Shopping, Google Search, hingga ke aplikasi pencari kerja Kormo.

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf menyebutkan, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di dunia.

Bahkan, pada 2024, potensi dari ekonomi digital Indonesia diramalkan mencapai USD 130 miliar. Google pun ingin membantu Indonesia mencapai target tersebut.

"Google ingin membantu agar orang Indonesia bisa berpartisipasi dan ikut maju dengan teknologi. Kami bekerja sama dengan pemerintah sekaligus kami fokus ke 4 inisiatif," kata Randy, membuka gelaran Google for Indonesia.

Keempat inisiatif Google untuk Indonesia antara lain adalah memperluas akses internet di Indonesia, meningkatkan keterampilan dan kesempatan bagi pelaku usaha UMKM dan generasi muda, menciptakan berbagai produk yang relevan untuk masyarakat Indonesia, serta berkomitmen memberikan literasi internet bertanggung jawab.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Station

Randy mengatakan, untuk mempeuas akses internet di Indonesia tahun lalu Google meluncurkan Google Station, yakni menyediakan akses wifi dengan internet kecepatan tinggi.

Kini, Google memperluas akses tersebut dengan bekerja sama dengan mitra baru. "Kami kini bermitra dengan Telkom untuk memperluas cakupan Google Station," ujar Randy.

Tidak cukup hanya menyediakan internet, Google juga memajukan akses digital bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan peluang mereka berkarya dengan inisiatif Grow With Google.

"Kami ingin membantu orang Indonesia mencapai peluang, pasalnya ada lebih dari 1,6 juta orang mencari pekerjaan, anak muda dan talenta-talenta baru yang ingin berkembang. Kami menghadirkan Grow With Google yang di dalamnya ada Gapura Digital, Google Will, Google Bisnisku dan lain-lain," kata Randy.

 

3 dari 3 halaman

Gapura Digital di 14 Kota

Randy menyebut, Gapura Digital kini telah berjalan di 14 kota. Di mana 80 peserta telah membawa bisnis mereka ke intenet dan 50 persennya berhasil meningkatkan pendapatan mereka. Ke depannya, Google juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk menggelar Gapura Digital bagi pelaku industri pariwisata.

Google juga membantu talenta digital di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari berkembangnya startup digital di Indonesia yang sangat cepat.

"Ribuan developer bekerja keras membangun solusi digital. Kami melatih 200 ribu developer dan ini 50 persen lebih banyak dari yang ditargetkan," kata Randy.

Google juga membuat program Bangkit kerja sama dengan startup unicorn Tanah Air seperti Tokopedia, Traveloka, Gojek. Tujuannya adalah menghasilkan tenaga teknis berkaliber tinggi bagi startup dan perusahaan teknologi kelas dunia yang ada di Indonesia.

"Di Bangkit, para peserta belajar tentang machine learning dan softskill lainnya agar lulusannya bisa mendapatkan skill yang diperlukan. Pendaftaran gratis dengan jumlah 300 peserta pertama," katanya.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.