Sukses

Cara Aktifkan Dark Mode di Windows 10

Tampilan dark mode sangat ramah bagi mata karena mampu mengurangi emisi cahaya dari layar. Begini cara mengaktifkan dark mode di Windows 10.

Liputan6.com, Jakarta - Dark mode menjadi salah satu fitur yang banyak digulirkan oleh pengembang belakangan ini. Ketika fitur ini aktif, tampilan antarmuka suatu perangkat lunak akan berubah menjadi gelap.

Salah satu kelebihan dark mode adalah tampilannya ramah bagi mata, terutama ketika pengguna menggunakan suatu perangkat lunak pada malam hari. Fitur ini mampu mengurangi emisi cahaya yang terpancar dari layar.

Tentu fitur ini dapat diaktifkan kapan saja, tak terbatas pada waktu. Dengan demikian, kamu bisa mengaktifkan dark mode sepanjang waktu yang kamu mau.

Nah, apa kamu tahu kalau kamu bisa mengaktifkan dark mode di Windows 10? Kalau belum tahu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Color Settings

Langkah pertama, klik pada ikon kaca pembesar di samping tombol start pada taskbar. Kemudian ketik Color Settings.

Kamu akan mendapati kotak dialog seperti di bawah ini.

Cara Aktifkan Dark Mode di Windows 10. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Gulirkan layar sampai kamu menemukan panel Choose your default app mode. Di situ ada dua pilihan, yakni Light yang merupakan setelan bawaan dari Windows dan Dark. Tentu saja, langkah selanjutnya adalah mengklik Dark.

3 dari 3 halaman

Efek Transparan

Langkah terakhir, kamu bisa menentukan apakah kamu akan mengaktifkan efek transparan. 

Bila efek ini aktif, kamu akan melihat tampilan antarmuka agak transparan. 

Namun, bila kamu tidak mengaktifkan efek itu, kamu akan mendapati tampilan antarmuka gelap pekat. 

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.