Gamer Cewek Ternyata Lebih Jago dari Cowok?

Oleh Liputan6.com pada 18 Nov 2019, 06:30 WIB
Diperbarui 18 Nov 2019, 18:14 WIB
Gamer Cantik

Liputan6.com, Jakarta - Dunia gim sebelumnya dianggap sangat identik dengan cowok. Bahkan ada anggapan bahwa gamer itu harus cowok karena gaming enggak 'cewek banget'.

Sampai-sampai ada sebuah prejudis bahwa cowok dikenal sebagai gamer yang lebih jago dari cewek. Stereotip yang sebenarnya hanya bualan ini pun langsung terpatahkan lewat sebuah penelitian dari ilmuwan Amerika Serikat.

Penelitian Dr Cuihua Shen dari University of California dan Dr Rabindra Ratan dari Michigan State University menemukan kalau jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap kemampuan bermain gim seseorang.

Kesimpulan ini didapat dari 10.000 responden yang terdiri dari gamer MMO (Massive Multiplayer Online). Gamer wanita bisa melakukan 'level up' sama baiknya dengan gamer pria.

Diwartakan Merdeka.com, dari penelitian ini juga diperoleh alasan mengapa wanita dianggap sebagai gamer yang tidak kompeten.

 

2 of 3

Gamer Cewek Pilih-Pilih Gim

Intip Kecantikan Monica Nixia, Gamer Indonesia Bergaji Rp159 Juta
Meskipun nggak sempat kuliah, gamer cantik, Monica "Nixia" Carolina, sudah bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp159 juta lho. (Foto: Instagram)

Pertama, gamer cewek bermain gim dalam kurun waktu lebih singkat daripada gamer cowok.

Kedua, cewek lebih memilih jenis karakter gim yang tidak agresif, misalnya 'healer' atau penyembuh.

Di sisi lain, gamer cowok terbukti lebih fokus untuk menaikkan level secepat mungkin dan memenangkan kompetisi dengan gamer lain.

 

3 of 3

Cewek Lebih Fokus

Wanita Pintar Ini Jadi Gamer Cantik yang Jago Main Gim Dota 2
Pinda Rika Dorji

Sebaliknya, gamer cewek lebih fokus menjalin hubungan dengan gamer lain, dengan kata lain mereka lebih mementingkan interaksi ketimbang level tinggi.

Namun, perbedaan motivasi tadi tidak berpengaruh terhadap kemampuan gaming gamer cewek. Terbukti, mereka mampu menaikkan level secepat gamer cowok kalau memang fokus untuk hal itu.

Nah, terbukti kan kalau cewek lebih lihai soal gim. Hanya saja ini adalah industri yang lebih banyak dimainkan cowok dan preferensi mereka soal gim tidak lebih terbuka ketimbang cowok.

Bagaimana menurut kamu?

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by