Sukses

Tendang Xiaomi, Realme Kini di Posisi 4 Smartphone Terlaris di Indonesia

Berdasarkan data IDC, Realme sekarang di posisi ke-4 top smartphone di Indonesia dengan market share 12,6 persen.

 

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi Tiongkok Realme berada di posisi keempat sebagai vendor smartphone terlaris di Indonesia per kuartal ketiga 2019. Informasi ini dibeberkan Realme saat bertemu dengan media di Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Pada posisi baru ini, Realme menggeser vendor smartphone Xiaomi yang sebelumnya bertengger di posisi keempat pada kuartal dua 2019. 

Public Relation Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, mengatakan di pasar smartphone global, Realme menempati posisi ke-7 dan hal tersebut dianggap sebagai pencapaian yang signifikan.

Sementara di Indonesia, Realme menjadi pemain smartphone nomor 4 di tanah air.

"Berdasarkan data IDC, Realme sekarang di posisi ke-4 top smartphone di Indonesia dengan market share 12,6 persen. Pertumbuhan Realme sendiri meningkat 900 persen dari kuartal pertama tahun ini," tutur Krisva.

Sekadar informasi, Realme menggeser posisi Xiaomi yang pada kuartal sebelumnya ada di urutan keempat.

Menurut data IDC, kini Xiaomi ada di posisi kelima dengan market share 12,5 persen. Perbandingan pangsa pasar kedua vendor Tiongkok ini cukup tipis, hanya terpaut 0,1 persen.

Krisva lebih lanjut mengatakan, produk yang selalu habis terjual menjadi alasan vendor smartphone anak muda ini naik signifikan ke posisi keempat.

Krisva mengatakan, hal lain yang turut mendukung naiknya posisi Realme adalah filosofi produk Realme yakni dare to leap, di mana Realme menekankan empat pilar dalam berbisnis di Tanah Air.

"Pilar pertama adalah produknya selalu hadir dengan inovasi-inovasi yang bagus, kedua dari segi price atau harga yang terjangkau. Kemudian kami juga menawarkan pusat servis resmi, serta ketersediaan barang yang selalu ada," ujar Krisva.

Krisva mengatakan, seiring dengan produk-produk yang dibawa Realme ke Indonesia, perusahaan melihat tingginya permintaan dan penawaran di tengah masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realme C2 Penyumbang Utama

Realme 5 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Krisva mengatakan, pencapaian Realme jadi vendor smartphone keempat ditopang oleh penjualan Realme C2 yang jadi produk paling populer Realme untuk menjangkau konsumen Tanah Air.

Realme C2 sendiri disebut-sebut menyumbang 50 persen pendapatan Realme di Indonesia.

Realme juga tidak main-main soal layanan purnajualnya. "Kami pastikan menjual perangkat secara offline agar semua konsumen bisa kebagian. Tapi kami juga fokus ke layanan purnajual," kata Krisva.

Sekadar informasi, kini Realme bekerja sama dengan Oppo memiliki 117 layanan service di seluruh Indonesia. Namun di akhir tahun nanti, Realme memastikan akan memiliki 11 layanan service mandiri.

"Selain service center yang bekerja sama dengan Oppo, kami juga buka service center sendiri. Hingga akhir tahun ini, akan membuka 11 service center," tutur Palson.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Top 5 Smartphone di Indonesia

Kamera Realme XT dan Redmi Note 8 Pro. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil survei IDC mencatat, pada kuartal 3 2019 ini, Oppo menduduki peringkat pertama dengan market share 26,2 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Vivo yang memperoleh market share sebesar 22,8 persen.

Vendor smartphone asal Korea Selatan Samsung harus puas dengan posisi ketiga di kuartal 3 2019 ini dengan pangsa pasar 19,4 persen.

Selanjutnya Realme ada di posisi keempat dengan market share 12,6 persen. Pada posisi kelima, Xiaomi mendapatkan market share 12,5 persen.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini