Sukses

Facebook Perbaiki Bug yang Bikin Aplikasi Akses Kamera Tanpa Izin

Facebook menghilangkan bug tersebut melalui update aplikasi versi terbaru yang bisa diunduh di App Store.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook memperbaiki bug yang membuat aplikasi mengakses kamera iPhone tanpa izin pengguna.

Mengutip laman The Next Web, Jumat (15/11/2019), Facebook menghilangkan bug tersebut melalui update aplikasi versi terbaru yang bisa diunduh di App Store.

Sebelumnya, sejumlah pengguna melaporkan bahwa Facebook mengakses kamera iPhone milik pengguna, saat pengguna tengah memakai aplikasi media sosial itu. Parahnya, akses kamera ini dilakukan tanpa izin dari si pengguna.

Para pengguna pun menyerukan hal ini di media sosial dan Reddit.

Belakangan, pihak Facebook memberikan konfirmasi bahwa akses kamera iPhone itu terjadi karena sebuah bug.

"Bug membuat aplikasi menavigasi ke kamera, saat pengguna tengah melihat-lihat foto dan video di Facebook," kata seorang juru bicara Facebook.

Selanjutnya, Facebook juga menegaskan, tidak ada bukti bahwa ada foto pengguna yang telah diunggah atau direkam gara-gara bug ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Detail Permasalahan

Masalah ini diungkapkan oleh Joshua Maddux ke Twitter. Ia melaporkan hal yang tidak umum telah terjadi di aplikasi Facebook di iOS.

Dalam video yang dia bagikan, kamera iPhone miliknya tetap bekerja di latar belakang saat Maddux menggulirkan feed Facebook melalui aplikasi.

Masalah ini terjadi karena sebuah bug. Para pengguna lain melaporkan, kamera iPhone aktif di balik aplikasi Facebook, saat mereka menyaksikan video atau melihat foto-foto di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs itu.

Ketika pengguna mengklik video ke layar penuh, lalu mengembalikannya ke tampilan normal, akan ada bug. Tata letak layar Facebook sedikit bergeser ke kanan.

Kemudian, ada ruang terbuka di sebelah kiri dan pengguna bisa melihat kamera ponsel (iPhone) mereka tengah aktif di latar belakang.

3 dari 3 halaman

Terjadi di iOS 13.2.2

Ternyata menurut Maddux, masalah yang sama terjadi di lima perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2, tetapi masalah ini tidak terjadi di iOS 12.2.

"Saya bisa bilang, perangkat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak memperlihatkan kamera aktif di latar belakang, tetapi tidak bisa dipastikan kalau kameranya juga tidak dipakai," kata Maddux.

The Next Web juga melakukan beberapa kali percobaan. Ketika iPhone menjalankan iOS 13.2.2, memang terlihat kamera berjalan dengan aktif di latar belakang, sementara pada iOS 13.1.3 masalah ini tak ditemukan.

Belakangan diketahui bahwa masalah ini hanya terjadi jika pengguna memberi izin Facebook untuk mengakses fitur kamera.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini