Sukses

Nokia Bakal Rilis TV Pintar, Siap Bersaing dengan OnePlus dan Xiaomi

Nokia dilaporkan akan merilis TV pintar berbasis Android 9 Pie di India.

Liputan6.com, Jakarta - Nokia dikenal sebagai salah merek smartphone kenamaan hingga saat ini. Namun dari laporan terbaru, Nokia berencana untuk memperluas bisnisnya dengan merilis TV pintar.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (15/11/2019), Nokia berencana merilis TV pintar dalam waktu dekat di India. Menurut informasi, perusahaan itu akan bekerja sama dengan Flipkart untuk urusan penjualan.

TV pintar ini dibuat sepenuhnya di India dan besar kemungkinan hanya dipasarkan terbatas di negara tersebut. Sayang, belum ada informasi pasti mengenai spesifikasi yang akan diusung Nokia untuk produk TV pintarnya ini.

Kendati demikian, ada sejumlah bocoran yang menyebut TV pintar Nokia ini akan dibekali dengan JBL Audio. Sementara untuk ukuran layarnya berukuran 55 inci dengan panel 4K Ultra HD.

Bocoran itu juga lebih lanjut menyebut TV ini akan menjalankan Android Pie 9.0 dan hadir dengan Google Play Store. Ada pula teknologi teknologi Intelligent Dimming yang membuatnya dapat mengatur kontras sesuai kebutuhan.

Menurut laporan, TV ini akan diperkenalkan pada awal Desember. Keputusan Nokia ini membuatnya bersaing dengan manufaktur smartphone lain yang kini juga menggarap TV, seperti OnePlus dan Xiaomi.

Keputusan merek smartphone menggarap TV pintar, menurut sejumlah pihak, terbilang tidak biasa. Namun dengan cara ini, mereka disebut dapat mengoptimalkan pendapatan dari pasar layanan streaming yang tengah tumbuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

OnePlus Akhirnya Rilis TV Pintar dengan Android TV

Sebelumnya, OnePlus juga memperkenalkan produk terbarunya berupa smart TV, yang diberi nama OnePlus TV. 

Dikutip dari The Verge, Senin (30/9/2019), OnePlus TV memiliki layar QLED berukuran 55 inci. OnePlus TV sudah mendukung Dolby Vision dan HDR10+ termasuk warna quantum dot.

TV ini memiliki delapan speaker yang disebut mampu memberikan pengalaman audio yang nyata, ditambah pula dukungan Dolby Atmos.

OnePlus menyematkan sistem operasi Android TV dan dapat terhubung dengan Google Assistant maupun Alexa.

Hadir dengan remote fisik seperti TV pada umumnya, OnePlus juga memungkinkan pengguna mengontrolnya melalui aplikasi dari smartphone. Untuk sekarang, produk ini hanya tersedia untuk pasar India.

Adapun banderol harga dari OnePlus TV Q1 adalah 69.900 rupee atau sekitar Rp 14 juta. Selain itu, ada pula varian dengan soundbar motorik, yakni OnePlus TV Q1 Pro yang dijual Rp 99.990 atau sekitar Rp 20 juta.

Meski baru tersedia di India, OnePlus sebenarnya memiliki rencana untuk memboyong TV ke wilayah lain.

Berdasarkan penuturan CEO OnePlus, Pete Lau, pihaknya tengah bekerja keras agar produk ini dapat hadir di Amerika Utara, Eropa, dan Tiongkok.

3 dari 3 halaman

OnePlus Bakal Bikin Smart TV

Informasi mengenai kehadiran OnePlus TV ini memang sudah diketahui pertengahan tahun. Hal ini dibocorkan oleh seorang tech leakster bernama Ishan Agarwal.

Lewat akun Twitter-nya, Agarwal bercuit OnePlus bakal segera mengembangkan smart TV dalam waktu dekat. Peluncuran resminya juga akan dilakukan sesegera mungkin, meskipun belum ada tanggal resminya.

Melihat pasar smart TV yang saat ini dikuasai oleh industri veteran seperti Samsung, LG, Sony dan Panasonic, OnePlus mungkin bisa menyematkan fitur andalannya untuk bersaing, selain mengandalkan harga.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini