Sukses

Gara-Gara Bug, Facebook Buka Kamera iPhone saat Pengguna Akses Aplikasi

Facebook mengakses fitur kamera iPhone tanpa diketahui pengguna saat para penggunanya tengah memakai aplikasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Faceboook di iPhone harus berhati-hati. Tampaknya Facebook mengakses fitur kamera iPhone tanpa diketahui pengguna saat para pengguna membuka aplikasi tersebut.

Masalah ini diungkapkan oleh Joshua Maddux ke Twitter. Ia melaporkan hal yang tidak umum telah terjadi di aplikasi Facebook di iOS.

Mengutip The Next Web, Kamis (14/11/2019), dalam video yang dia bagikan, kamera iPhone miliknya tetap bekerja di latar belakang saat Maddux menggulirkan feed Facebook melalui aplikasi.

Masalah ini terjadi karena sebuah bug. Para pengguna lain melaporkan, kamera iPhone aktif di balik aplikasi Facebook, saat mereka menyaksikan video atau melihat foto-foto di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg cs itu.

Ketika pengguna mengklik video ke layar penuh, lalu mengembalikannya ke tampilan normal, akan ada bug. Tata letak layar Facebook sedikit bergeser ke kanan.

Kemudian, ada ruang terbuka di sebelah kiri dan pengguna bisa melihat kamera ponsel (iPhone) mereka tengah aktif di latar belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terjadi di iOS 13.2.2

Ternyata menurut Maddux, masalah yang sama terjadi di lima perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2, tetapi masalah ini tidak terjadi di iOS 12.2.

"Saya bisa bilang, perangkat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak memperlihatkan kamera aktif di latar belakang, tetapi tidak bisa dipastikan kalau kameranya juga tidak dipakai," kata Maddux.

The Next Web juga melakukan beberapa kali percobaan. Ketika iPhone menjalankan iOS 13.2.2, memang terlihat kamera berjalan dengan aktif di latar belakang, sementara pada iOS 13.1.3 masalah ini tak ditemukan.

Belakangan diketahui bahwa masalah ini hanya terjadi jika pengguna memberi izin Facebook untuk mengakses fitur kamera.

3 dari 3 halaman

Kamera iPhone Tidak Ambil Gambar dan Video

Mengutip CNET, VP of Integrity Facebook Guy Rosen menyebut, kemungkinan masalah ini terjadi karena suatu bug. Perusahaan tengah menginvestigasi lebih lanjut dan akan menggulirkan pembaruan aplikasi Facebook di App Store.

"Kami belum lama ini menemukan, aplikasi Facebook di iOS memiliki bug. Dalam perbaikannya, ternyata ada bug yang membuat kamera aktif di latar belakang, saat pengguna mengakses foto-foto Facebook mereka," kata Rosen.

Ia menyebutkan, belum ada bukti foto maupun video yang diunggah karena bug ini.

"Facebook tidak memotret foto atau video saat kamera iPhone aktif di latar belakang," kata Rosen menegaskan.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini