Sukses

DANA Hadir Menjadi Warna Baru di Tradisi Sekaten

Dalam acara Sekaten yang dilaksanakan pada 1-9 November 2019, pengunjung dapat mencoba bertransaksi menggunakan DANA di seluruh area perayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi seringkali dikontradiksikan dengan pelestarian budaya tradisi. Namun berbeda dengan yang kali ini, di mana teknologi dan budaya tradisional seakan bekerja sama.

Dalam acara Sekaten yang dilaksanakan pada 1-9 November 2019, pengunjung dapat berkenalan dan mencoba tradisi baru berupa transaksi nontunai di seluruh area perayaan menggunakan DANA.

Tak hanya membeli tiket masuk, pengunjung juga bisa membeli jajanan makanan dan minuman para pelaku UMKM yang meramaikan perayaan Sekaten tahun ini pakai DANA.

Kehadiran DANA selaras dengan tema besar penyelenggaraan Pameran Sekaten tahun ini, yakni “Sri Sultan Hamengkubuwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman.”

Selain menikmati makanan dan minuman, penggunjung juga dapat melihat catatan-catatan sejarah, serta berbagai koleksi dan karya Sultan pendiri Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan positif

Parade DANA di Car Free Day, Jakarta. Liputan6.com/Tommy

Dampak kehadiran teknologi dompet digital disambut positif oleh para pengunjung pameran ini.

Wati misalnya, merupakan salah satu pengunjung yang belum pernah menggunakan dompet digital.

Wanita asal Salatiga ini baru mengetahui tentang kegunaan dan kepraktisan DANA sebagai metode pembayaran nontunai saat dirinya hendak membeli tiket Sekaten Festival 2019 di loket menggunakan uang tunai.

“Saya jauh-jauh datang ke Sekaten karena ingin bersyukur dan melestarikan Sekaten sebagai tradisi dan budaya,” ujar Wati.

"Nah, waktu mau masuk loket bayar tiket, saya lihat papan biru (KodeQR). Saya penasaran dan langsung bertanya ke penjaga loket. Mereka bilang, pengunjung bisa membayar tiket menggunakan DANA."

Wati sendiri sempat terkesima dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh DANA. Menurutnya, fitur pembayaran nontunai DANA lewat Kode QR sangat membantu proses pembayaran berlangsung cepat.

Selain Wati, ada pula Wisnu, pengunjung Pameran Sekaten 2019 yang mendatangi pameran bersama tiga orang anaknya untuk menikmati pameran pementasan seni dari KHP Kridhomardowo.

"Saya baru tahu sekarang bisa bayar pakai aplikasi DANA di Pameran Sekaten 2019. Awalnya saya tidak terlalu paham cara menggunakan DANA. Tapi, ternyata pas dicoba pembayarannya gampang banget," ungkap Wisnu.

.

3 dari 3 halaman

Mudah dan aman

CEO Dana, Vincent Iswara memberi penjelasan tentang DANA Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Fitur penyimpanan kartu debit dan kartu kredit (Card Binding) pada dompet digital DANA menjadi daya tarik.

Fitur ini memudahkan pengguna karenamereka tak perlu lagi repot melakukan top up atau menambah saldo.

Selain memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih cepat dan mudah, transaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang tersimpan di dompet digital DANA juga terjamin keamanannya.

Dengan ini, pengguna tak perlu memberikan kartu fisik yang menampilkan nomor kartu dan CVV yang harus dijaga kerahasiannya

(Keenan/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini