Google Setop Update Android untuk Pixel Generasi Pertama

Oleh Agustinus Mario Damar pada 07 Nov 2019, 11:30 WIB

Diperbarui 07 Nov 2019, 12:16 WIB

Ponsel Google

Liputan6.com, Jakarta - Google memastikan 2019 akan menjadi tahun terakhir bagi Pixel generasi pertama memperoleh pembaruan sofware.

Dengan kata lain, pengguna Pixel generasi pertama tidak lagi mendapatkan update software tahun depan.

Dikutip dari The Verge, Kamis (7/11/2019), hal itu dapat dilihat dari absennya smartphone Google generasi pertama yang tidak mendapatkan update keamanan untuk November. Padahal, model Pixel lain mendapatkannya.

Menurut Google, perusahaan memang tidak memasukkan Pixel dalam daftar perangkat yang mendapatkan pembaruan November. Namun bukan berarti raksasa internet itu langsung meninggalkan pengguna Pixel pertama begitu saja.

Google mengatakan akan merilis pembaruan software terakhir untuk Pixel generasi perdana itu pada Desember 2019. Dalam pembaruan tersebut, perusahaan akan membekali sejumlah update termasuk yang rilis November dan Desember.

Keputusan Google untuk menghentikan pembaruan ini memang wajar. Sebab, Pixel perdana memulai debutnya sekitar tiga tahun lalu, sehingga perangkat ini termasuk mode lawas.

Terlebih, perusahaan sebenarnya hanya menjanjikan pembaruan software untuk perangkat Android selama dua tahun. Sementara, Pixel generasi satu yang berusia tiga tahun masih bisa merasakan Android 10.

2 of 3

Harga Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Pixel 4
Sabrina Ellis, Vice President of Product Management di Google, menjelaskan sedikit tentang Pixel 4. (Doc: Google)

Google baru saja mengumumkan dua smartphone terbarunya, Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL pada ajang Made by Google di New York, Amerika Serikat, Selasa (15/10/2019) waktu setempat.

Mengutip laman Pocket-lint, Rabu (16/10/2019), Google Pixel 4 dibanderol dengan harga mulai USD 799 atau Rp 11 jutaan untuk model 64GB, sementara Google Pixel 4 XL dilego mulai USD 899 atau Rp 12 jutaan untuk model 64GB.

Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL sudah bisa dipesan melalui proses pre-order dan baru dijual mulai 24 Oktober 2019 di Amerika Serikat.

Namun sayangnya, Google belum mengungkap kapan kedua smartphone anyar tersebut bakal tersedia di pasar global.

Baik Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Just Black, Clearly White, dan edisi terbatas Oh So Orange.

3 of 3

Spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL

Pixel 4
Pixel 4 dan Pixel 4 XL resmi diumumkan. (Doc: Google)

Tampil sebagai seri penerus Pixel 3 XL, Pixel 4 XL hadir dengan layar Quad HD berukuran 6.3 inci. Sementara itu, Pixel 4 memiliki layar beresolusi 1080p dengan ukuran 5.7 inci.

Guna memberikan pengalaman smooth saat scroll layar dan lebih responsif, kedua smartphone memiliki layar berkemampuan refresh rate hingga 90Hz.

Menariknya, refresh rate layar duo Pixel ini akan secara otomatis turun ke 60Hz di beberapa situasi tertentu dan untuk mengoptimalkan daya baterai.

Selain ukuran layar dan kapasitas baterai, Pixel 4 dan Pixel 4 XL menawarkan kemampuan hardware yang identik. Kedua smartphone sudah menggunakan prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 855.

Pixel 4 dan Pixel 4 XL juga menggunakan RAM 6GB, dengan model memori internal 64GB atau 128GB.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓