Neuro.net Raih Pendanaan Rp 74 Miliar

Oleh Liputan6.com pada 05 Nov 2019, 16:00 WIB

Diperbarui 05 Nov 2019, 16:16 WIB

Neuro.net

Liputan6.com, Jakarta - Startup asal Rusia, Neuro.net, yang berfokus dalam pengaplikasian kecerdasan buatan (artifical intelligence/AI), baru saja mendapatkan pendanaan sebesar USD 5,3 juta atau sekitar Rp 74 miliar dari Powerry.

Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan versi cloud dari produk, ekspansi internasional, dan pengembangan jaringan pusat implementasi mitra di pasar Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika Utara.

Pendiri Neuro.net Nikolay Kravchuk mengatakan pasar AI conversational pada tahun 2018, volumenya sebesar USD 4,2 miliar atau sekitar Rp 58,6 triliun.

"Kami berharap pasar tumbuh pada 30 persen per tahun selama lima tahun ke depan. Pada saat yang sama, yang paling aktif adalah pertumbuhan akan terjadi di Asia Tenggara dan Amerika Serikat akan tetap menjadi pasar terbesar," kata Kravchuk melalui keterangannya, Selasa (5/11/2019).

Ia menambahkan, wilayah tersebut adalah prioritas untuk Neuro.net. Perusahaan berencana untuk mengarahkan investasi yang tertarik ke pengembangan platform cloud untuk pasar ini.

Untuk diketahui, Powerry menjadi investor Neuro.net pertama sejak perusahaan ini didirikan pada 2017.

"Pengembangan produk berdasarkan kecerdasan buatan adalah salah satu bidang prioritas untuk pengembangan Powerry. Berinvestasi dalam Neuro.net telah menjadi salah satu langkah untuk menerapkan strategi ini," ujar Pendiri Powerry Abdumalik Mirakhmedov.

Ia menuturkan tim Neuro.net akan memperkuat keahlian Powerry di bidang kecerdasan buatan, dan perkembangan AI Converso.net dari Neuro.net akan menjadi bagian dari penawaran produk Powerry, bersama dengan Computer Vision, NLP, Machine Learning, dan lainnya.

 

2 of 2

Kembangkan Alat Robot Suara

Neuro.net sedang mengembangkan alat untuk membuat robot suara dan membangun saluran komunikasi berdasarkan kecerdasan buatan.

Produk ini digunakan untuk survei, dukungan pelanggan, manajemen kasus, rekrutmen staf dan tugas-tugas lainnya. Adapun klien Neuro.net antara lain Beeline, Megafon, MITs Group, Lamoda, dan KupiVIP.

Neuro.net menawarkan dua solusi utama: penciptaan robot suara turnkey dan platform cloud untuk pembuatan maupun pengelolaan robot independen tanpa perlu keterampilan teknis.

Perusahaan saat ini sedang melakukan uji coba peluncuran dengan perusahaan-perusahaan dari Indonesia dan Spanyol.

Produk ini ditandai oleh algoritma NLU-nya sendiri, yang dapat dilatih pada sejumlah kecil data, jeda singkat dalam dialog karena solusi MRCP-nya sendiri, serta sistem cerdas untuk menanggapi gangguan percakapan oleh lawan bicara.

(Keenan Pasha/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓