Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Pergelangan Tangan, Korban Luka Bakar Serius

Oleh Iskandar pada 05 Nov 2019, 13:25 WIB

Diperbarui 07 Nov 2019, 13:13 WIB

Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Lengan

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengguna jam tangan pintar mengaku perangkat kesayangannya tersebut meledak di pergelangan tangan. Kejadian mengerikan ini terjadi saat ia sedang tertidur pulas.

Korban yang diketahui bernama Ethan Landers mengklaim jam tangan pintar merek Fitbit yang ia gunakan mulai terbakar dan mengeluarkan asap di tengah malam.

Mengutip laman The Sun, Selasa (5/11/2019), peristiwa ini membuat Ethan mengalami luka bakar tingkat tiga di pergelangan tangannya.

Untuk diketahui, luka bakar tingkat tiga berisiko menimbulkan komplikasi seperti infeksi, kehilangan banyak darah, syok, bahkan menyebabkan kematian.

Pria asal Iowa, Amerika Serikat itu pun membagikan foto-foto luka bakar di lengannya ke Facebook.

"Saya dengan cepat menyadari Fitbit saya terbakar. Saya pun panik dan berusaha untuk melepaskannya, namun gagal. Saya melompat dari tempat tidur dan menyalakan lampu, di mana istri saya berhasil membuka strap smartwatch itu," tulis Ethan.

 

2 of 3

Dilarikan ke UGD

Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Lengan. Dok: Facebook
Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Pergelangan Tangan. Dok: Facebook

Melalui Facebook, Ethan juga menggambarkan "rasa sakit yang hebat" ketika luka mulai melepuh.

"Rasanya seperti meleleh di lengan. Ada asap keluar dari baterai Fitbit dan kamar tidur kami menjadi bau seperti api listrik. Kami memanggil seorang perawat dan dia mengatakan bahwa kami harus pergi ke UGD karena lukanya putih dan melepuh," ucapnya menambahkan.

Setibanya di rumah sakit, dokter membersihkan lukanya dan mengambil rontgen untuk memastikan tidak ada serpihan yang bersarang di lengan Ethan.

 

3 of 3

Komentar Fitbit

Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Lengan. Dok: Facebook
Jam Tangan Pintar Fitbit Meledak di Pergelangan Tangan. Dok: Facebook

Dalam sebuah pernyataan, Fitbit mengkonfirmasi sedang menyelidiki klaim Ethan.

"Kesehatan dan keselamatan pelanggan kami adalah prioritas utama, dan kami menanggapi laporan Tuan Landers dengan sangat serius," kata seorang juru bicara Fitbit kepada The Sun.

"Kami telah berbicara dengan Tuan Landers dan secara aktif menyelidiki masalah ini," sambungnya.

Fitbit mengklaim produknya dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar yang ketat serta menjalani pengujian internal dan eksternal yang luas untuk memastikan keamanan pengguna.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓