Sukses

14 Ribu BTS Telkomsel Beroperasi di Wilayah 3T per Q3 2019

Operator seluler Telkomsel mengoperasikan lebih dari 14.990 unit BTS yang berlokasi di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) terutama di perbatasan per kuartal 3 2019 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel mengoperasikan lebih dari 14.990 unit BTS di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) terutama di perbatasan per kuartal ketiga 2019 ini.

Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto mengatakan, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan akses telekomunikasi di seluruh tanah air.

"Kami hadir dengan layanan dan infrastutktur jaringan berteknologi terdepan tak sebatas di kota-kota besar dan berpusat di pulau Jawa saja, tetapi juga menjangkau hingga pelosok wilayah perbatasan RI," kata Iskriono dalam keterangan tertulis.

Adapun 14.990 BTS yang dioperasikan Telkomsel terdiri dari BTS reguler, BTS Merah Putih, serta BTS dari dana USO melalui Badan Aksesibilitas Telkomunikasi dan Informasi (BAKTI) di wilayah 3T.

5.000 di antaranya ada di wilayah perbatasan dengan negara Singapura, Malaysia, Vietnam, Timor Leste, Australia, Filipina, dan Papua Nugini.

Sementara sekitar 7.800 unit BTS di wilayah 3T merupakan BTS broadband yang bisa digunakan untuk akses layanan internet.

Bersama BAKTI, Telkomsel membangun sekitar 892 BTS USO yang ada di 841 yang sebelumnya tidak mendapatkan layanan komunikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BTS 4G USO

Dari 892 BTS tersebut, 51 di antaranya merupakan BTS berjaringan 4G yang bisa digunakan untuk pemanfaatan layanan data. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat sekitar.

Sejauh ini, Telkomsel bersama BAKTI akan mengoperasikan 502 BTS (2G dan 4G) di 251 desa.

"Hingga kuartal ketiga tahun 2019 ini, Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh wilayah Indonesia atau meningkat lebih dari 14,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Iskriono.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan jumlah BTS tersebut, jaringan Telkomsel telah menjangkau lebih dari 97 persen wilayah di tanah air.

Untuk menghadirkan layanan broadband dengan teknologi terkini, Telkomsel juga membangun lebih dari 159.605 BTS Broadband 3G/4G di seluruh wilayah Indonesia.

"Tahun ini kami targetkan dapat menjangkau 95 persen populasi di tanah air khususnya dengan jaringan 4G terdepan kami,” katanya.

3 dari 3 halaman

BTS 4G Telkomsel

Secara keseluruhan, Telkomsel mengoperasikan 77.501 BTS 4G. Operator yang lekat dengan warna merah ini berkomitmen menambah 22.000 BTS baru hingga akhir 2019.

Telkomsel juga berkomitmen mengimplementasikan 4G LTE di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz. Ini akan memungkinkan Telkomsel untuk bisa menjangkau 95 persen populasi di hampir seluruh kota dan kabupaten di Indonesia.

"Beroperasinya BTS broadband Telkomsel di pelosok dan perbatasan negara mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan broadband merata, yang membuat masyarakat di wilayah perbatasan dapat menikmati internet dan layanan digital dengan kualitas yang setara dengan masyarakat di kota besar sekalipun," kata dia.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini