Sukses

Kecerdasan Buatan Bantu Penderita Lumpuh Menulis

Kecerdasan buatan dapat membantu penderita lumpuh untuk menulis..

Liputan6.com, Jakarta - Penderita lumpuh total sering kali susah untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Namun dengan menggunakan kecerdasan buatan, kini mereka dapat dibantu untuk menulis huruf melalui gelombang sinyal yang diberikan otak.

Gelombang sinyal ini disalurkan melalui medium bernama Brain-computer interfaces (BCIs) dengan menanamkan elektroda di bagian otak yang terkait dengan gerak.

Peneliti telah membuat beberapa pasien penderita lumpuh dapat menggerakkan kursor dan memilih huruf-huruf di layar, hanya menggunakan pikiran mereka dengan modus ini.

Dalam penggunaannya, BCI akan seperti membaca aktivitas otak pasien dan menguraikan gerakan yang dibayangkan di pikiran sebagai pesan untuk menulis sebuah huruf. Dalam proses sederhananya, BCI juga membantu pasien untuk memilih kata yang sudah tersedia

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akurasi

BCI akan dapat menguraikan huruf yang dimaksud pengguna dengan akurasi hingga 95 persen

Pasien akan dapat memilih kata hingga 39 kata per menit. Namun eksperimen terbaru menunjukkan, terdapat pasien yang dapat menulis hingga 66 kata per menit. Hal ini juga bergantung pada pikiran pasien.

Para peneliti mengatakan, kecepatan menulis huruf akan meningkat seiring dengan kondisi pasien yang semakin adaptif dengan teknologi ini.

(Keenan Pasha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini