Sukses

OPM Ulang Tahun 1 Desember, Menkominfo: Tak Ada Pembatasan Internet

Jelang perayaan ulang tahun OPM pada 1 Desember, Menkominfo masih belum ada niat untuk melakukan pembatasan internet.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoninfo), Johnny G Plate mengatakan, tak ada pembatasan internet pada 1 Desember mendatang. Karena, Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan memperingati hari jadinya pada 1 Desember.

"Tidak ada (pembatasan internet). Ada enggak disorder? Terjadi disorder enggak?," kata Johnny di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Ia pun tak bisa memastikan apakah akan ada pembatasan internet atau tidak pada saat OPM memperingati hari jadinya.

"Saya tidak bisa bicara kemungkinan (pembatasan internet). Dalam keadaan normal, tidak ada pembatasan. Hanya pada saat sipil disorder, kekacauan. Kemudian pada saat sipil disobidient, ya itu kan harus dicegah. Cara cegah apa? Ya, akun diblokir," ujarnya.

Menurutnya, meskipun terjadi kerusuhan di Papua pada saat, sebelum atau pasca peringatan OPM. Pihaknya hanya memantau saja dan tak bisa langsung membatasi internet.

"Tidak ada (pembatasan). Kalau ada kericuhan, tentu aparat dulu. Kami monitor saja," ucapnya.

"Kamu mau? (Di take down internetnya). Memaksa ini saya supaya langsung. Hahahaha. Kami memonitor percakapannya. Bagaimana kualitas percakapan dan sampai ditingkat mana bahayanya. Dan kami informasikan ke instansi terkait untuk melakukan pencegahannya agar tidak ada sipil disorder, kekacauan di masyarakat," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Solusi Lain

Ilustrasi Internet (sumber: iStockphoto)

Ia pun mengungkapkan, mempunyai cara lain selain menurunkan internet dalam penyalahgunaan media sosial (internet).

"Kami mempunyai manajemen penanggulangan konten. Ada manajemennya. Melalui apa? Melakukan literasi. Ada edukasi. Kerja sama dengan lembaga dan tokoh. Itu literasi terkait pemanfaatan penggunaan media sosial. Kalau literasi pembinaan pendidikan," ungkapnya.

(Nur Habibie/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.