Sukses

Facebook Singkirkan Akun-Akun Palsu Terhubung ke Rusia

Facebook menyingkirkan akun, grup, dan halaman yang terhubung ke Rusia dan menargetkan pengguna di Afrika Selatan, Mozambik, Kongo, Pantai Gading, Kamerun, Sudan, dan Libya.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kembali mengambil langkah tegas terkait akun, grup, dan halaman dengan aktivitas mencurigakan.

Terkini, Facebook menyingkirkan akun, grup, dan halaman yang terhubung ke Rusia dan menargetkan pengguna di Afrika Selatan, Mozambik, Kongo, Pantai Gading, Kamerun, Sudan, dan Libya.

"Setiap operasi ini menciptakan jaringan akun untuk mengelabui orang lain tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan," kata Nathaniel Gleicher, Kepala Kebijakan Keamanan Siber di Facebook, dikutip dari keterangan resminya.

Penyelidikan Facebook, menurut Nathaniel, menemukan adanya hubungan antara aktivitas akun-akun itu dengan "entitas yang terkait dengan pebisnis Rusia Yevgeniy Prigozhin, yang sebelumnya telah didakwa oleh Departemen Kehakiman AS."

Nathaniel menekankan bahwa tindakan menghapus akun, grup dan halaman tersebut didasarkan pada aktivitas mereka yang mencurigakan, bukan konten yang mereka unggah ke ekosistem Facebook.

"Orang-orang di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk mengelabui orang lain dan itulah yang menjadi dasar tindakan kami," tutur Nathaniel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detail

Perusahaan telah menghapus 35 akun Facebook, 53 halaman Facebook, 7 grup Facebook, dan 5 akun Instagram, yang berfokus pada Madagaskar, Republik Afrika Tengah, Mozambik, Republik Demokratik Kongo, Pantai Gading, dan Kamerun.

Selain itu, perusahaan juga menyingkirkan 17 akun Facebook, 18 halaman Facebook, 3 grup Facebook, dan 6 akun Instagram yang berfokus pada Sudan.

Di Libya, perusahaan telah menghapus 14 akun Facebook, 12 halaman Facebook, 1 Grup Facebook, dan 1 akun Instagram.

Merujuk pada laporan Stanford Internet Observatory, Facebook mengaku "melakukan penyelidikan terhadap dugaan perilaku tidak autentik terkoordinasi yang terkait dengan Rusia ini dan mengidentifikasi ruang lingkup penuh dari kegiatan ini dan mengambil manfaat dari pelaporan sumber terbuka."

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.