Sukses

Bos Facebook Kritik TikTok Gara-Gara Sensor Konten

Bos media sosial raksasa Facebook mengkritik TikTok yang menyensor konten di Tiongkok dan Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat menyinggung jejaring sosial berbasis video TikTok. Belum lama ini, dalam sebuah acara Zuckerberg mengkritik TikTok yang melakukan sensor konten tak hanya di Tiongkok, tetapi juga Amerika Serikat.

Bos media sosial raksasa ini mengkritik aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok ByteDance itu.

Mengutip laman Tech Times, Selasa (29/10/2019), Zuck menekankan konten-konten TikTok yang disensor adalah konten yang tidak mencitrakan pemerintah Tiongkok secara positif, termasuk mengenai konten yang berlangsung di Hong Kong.

"Layanan milik kami, seperti WhatsApp, digunakan oleh pengunjuk rasa dan aktivis di mana-mana karena perlindungan enkripsi dan privasi. Namun, aplikasi TikTok yang pertumbuhannya begitu tinggi di seluruh dunia, justru menyebutkan aksi protes di Hong Kong telah disensor, bahkan di AS," kata Zuckerberg.

Ia pun mempertanyakan, apakah internet yang semacam itu yang diinginkan oleh penggunanya.

September lalu, The Washington Post melaporkan, pencarian tentang Hong Kong di aplikasi tersebut menunjukkan "sedikit keresahan yang terlihat."

Hal ini memicu kecurigaan bahwa aplikasi tersebut memang membatasi video yang memperlihatkan protes di Hong Kong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancaman Kebebasan Berpendapat

Sementara media lainnya, The Guardian mengungkapkan bahwa TikTok menginstruksikan moderator untuk menghapuskan penggunaan kata "Lapangan Tiananmen", kemerdekaan Tibet, dan kelompok Falun Gong.

Zuckerberg berpendapat, Tiongkok merupakan ancaman besar bagi kebebasan berbicara.

"Sampai saat ini, internet di hampir tiap negara di luar Tiongkok telah ditentukan oleh platform Amerika dengan ekspresi kebebasan yang kuat," katanya.

Sementara, satu dekade yang lalu, hampir semua platform internet utama adalah dari Amerika. Hari ini, 6 dari 10 aplikasi adalah milik Tiongkok.

Zuckerberg juga menyiratkan Facebook tak lagi mencoba memasuki Tiongkok. Pasalnya situs media sosial ini sudah dilarang di Tiongkok sejak 2009.

3 dari 3 halaman

Kata TikTok

Sementara itu, juru bicara TikTok pun berbicara soal penyensoran konten di platformnya.

Kepada CNBC, TikTok mengatakan bahwa aplikasi tersebut belum menerima permintaan dari pemerintah Tiongkok untuk menghapus konten dan tidak akan memiliki yuridiksi apa pun.

Juru bicara TikTok juga bersikeras bahwa aplikasi tersebut tidak membatasi peredaran video mengenai protes yang terjadi di HongKong.

TikTok sendiri tidak beroperasi di Tiongkok. Baru-baru ini, aplikasi tersebut membuka kantor di Silicon Valley.

Namun, ByteDance juga memiliki aplikasi lain bernama Douyin, mirip dengan TikTok dan beroperasi di Tiongkok. Menurut para peneliti, Douyin begitu disensor di Tiongkok.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini