Sukses

ISIS Pakai TikTok untuk Rekrut Teroris Baru?

Sebuah akun TikTok mengunggah deretan video seperti pejuang ISIS yang membawa senapan, mayat, serta nyanyian mars ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok merupakan aplikasi video kreatif asal Tiongkok yang memungkinkan pengguna merekam video dengan tema musik dan filter unik. Popularitasnya pun kian meningkat.

Pada Februari lalu, TikTok dan Douyin yang merupakan TikTok versi Tiongkok menyentuh 1 miliar unduhan secara global.

Namun belakangan, aplikasi ini justru menarik demografi yang berada di spektrum lain yaitu organisasi teroris.

Dilansir Wall Street Journal dari Merdeka.com, TikTok telah menghapus dua lusin akun karena mem-posting propaganda ISIS. Akun tersebut mengunggah deretan video seperti pejuang ISIS yang membawa senapan, mayat, serta nyanyian mars ISIS.

Beberapa video dilaporkan menarget calon pejuang ISIS masa depan, yang berupa video glorifikasi militan ISIS yang diiringi lagu mars ISIS.

Terdapat pula video lain yang menggunakan tema "Jihad Lover" yang menarget wanita muda. Juga video berisi wanita-wanita muda yang menuliskan dirinya "jihad dan bangga".

Uniknya, semua video tersebut menggunakan deretan fitur TikTok yang ada dalam aplikasi, seperti filter dan juga hati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Langgar Kebijakan TikTok

Mempromosikan terorisme adalah salah satu poin yang dilarang dalam kebijakan pengguna TikTok. Secara spesifik, organisasi kriminal dan teroris dilarang menggunakan TikTok.

Juru bicara TikTok menyebut bahwa akun-akun dan konten semacam ini akan diblokir permanen dari TikTok.

"Konten yang mempromosikan organisasi teroris tidak memiliki tempat di TikTok. Kami secara permanen memblokir seluruh akun dan perangkat yang terasosiasi seketika telah teridentifikasi, dan kami secara berkelanjutan akan mengembangkan kontrol yang lebih kuat untuk secara proaktif mendeteksi aktivitas mencurigakan," tulis juru bicara TikTok, sebagaimana dikutip dari Business Insider.

TikTok sendiri kini memiliki ribuan moderator konten yang tersebar di Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) untuk mengawasi koneten semacam ini.

Sejak organisasi ini ada, ISIS merekrut anggota melalui media sosial. Berbagai platform seperti Facebook dan juga Telegram, terbukti jadi andalan organisasi teroris tersebut untuk mendapat 'pejuang' baru.

3 dari 5 halaman

TikTok Mengancam Keamanan Nasional AS?

TikTok seringkali dianggap sebagai aplikasi yang menghibur. Namun, baru-baru ini TikTok dianggap berpotensi mengancam keamanan nasional Amerika Serikat.

Untuk itu, para senator di parlemen AS meminta pejabat intelijen menyelidiki aplikasi TikTok. Mereka ingin mengetahui apakah TikTok bisa menimbulkan risiko atau ancaman bagi keamanan nasional.

Mengutip laman Ubergizmo, Jumat (25/10/2019), kekhawatiran ini karena fakta bahwa TikTok dimilliki oleh ByteDance, sebuah perusahaan yang bermarkas di Tiongkok.

US Senate Minority Leader Chuck Schumer menyebutkan, "Dengan diunduh lebih dari 110 juga kali di Amerika Serikat, TikTok menjadi berisiko menjadi ancaman keamanan, oleh karenanya kita tidak bisa mengabaikannya."

4 dari 5 halaman

Aturan Tiongkok

Hal ini tidak lain karena di Tiongkok ada aturan hukum yang mengatur perusahaan-perusahaan menyerahkan data yang diminta oleh pemerintah Tiongkok.

Ketentuan itu menimbulkan kekhawatiran, bahwa permintaan akan data tidak hanya untuk ByteDance tetapi juga perusahaan Tiongkok lainnya.

Hal inilah yang membuat adanya kekhawatiran tentang Huawei yang memasok peralatan komunikasi ke Amerika Serikat.

5 dari 5 halaman

Tik Tok Membantah

Dalam pernyataannya kepada Reuters, juru bicara TikTok membantahnya.

"TikTok berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab di Amerika Serikat, termasuk berkerja sama dengan Kongres AS dan semua badan pengatur terkait," kata juru bicara ini.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini