Sukses

Tren Video Singkat Meningkat, Ini Dia Tips untuk Hasilkan Video yang Menarik

Perkembangan teknologi dan peningkatan aksesibilitas di semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, hingga Youtube membuat tren video singkat semakin meningkat di tahun 2019 ini.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi dan peningkatan aksesibilitas di semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, hingga Youtube membuat tren video singkat semakin meningkat di tahun 2019 ini.

Para Storygrapher, sebutan kekinian untuk para milenial yang gemar merekam setiap momen dan membuat konten video kini lebih banyak menciptakan video dengan durasi singkat. Mulai dari 30 detik sampai 1 menit.  Meskipun singkat, video-video yang dibuat para Storygrapher ini nyatanya mampu menghipnotis dan menarik perhatian penonton. Akhirnya menjadi viral di kalangan netizen.

Berkaitan dengan pembuatan video singkat ini, ada tips-tips menarik yang bisa kamu praktekkan;

1.  Storytelling atau alur cerita

Langkah pertama tentukan alur dan suasana cerita. Perasaan seperti apa yang ingin disampaikan kepada penonton setelah menonton video kita. Seperti kegembiraan, kekaguman, suasana haru menyentuh, kesedihan hingga penasaran. Kamu bisa memilih cerita berdasarkan kisah nyata atau rekayasa. Hubungkan dengan hal-hal umum yang terjadi di sekitar kita.

2. Get to The Point

Mengingat ini video singkat, jadi jangan bikin video atau cerita yang bertele-tele. Fokus pada satu titik atau tema. Jangan sampai terlalu panjang poin yang di angkat, nanti pesannya malah tidak sampai ke penonton.

3. Bikin video yang lagi trending

Selain bikin alur cerita yang orisinil, kamu juga bisa mengikuti trending yang ada di media sosial. Tapi, kamu harus menambahkan sesuatu yang unik dalam video agar lebih menarik dan berbeda. Kerjakan dan tayangkan dengan cepat, karena tren cepat berganti.

4. Visualisasi

Sudah punya konsep dan alur cerita, masuk ke langkah terpenting yaitu visualisasi yang kreatif dan memikat. Sebelum menekan tombol rekam, tentukan bagian subjek seperti apa yang ingin direkam.

Untuk merekam subjek kamu bisa memilih sudut lebar wide,  medium, dan close up. Rekaman dalam sudut lebar (wide shot) memberi informasi hubungan subjek dalam konteks cerita. Begitu juga dengan close up untuk menunjukan detail cerita yang kita bangun dalam video.

 

Dalam visualisasi penting juga memperhatikan stabilitas. Rekaman video yang terlalu goyang dapat menghambat dalam proses editing dan kalau kurang mulus, bisa mengurangi kualitas video yang yang kita upload. Solusinya, kamu bisa menggunakan tripod, monopod atau stabilizer. Tapi, kalau ada smartphone yang punya fitur Ultra Steady Video kenapa tidak mencoba memiliki? Cukup satu perangkat smartphone untuk membuat visual video yang menarik, yakni bersama OPPO Reno2.

OPPO Reno2 memiliki fitur-fitur unggulan untuk menghasilkan visualisasi video yang berkualitas. Mulai dari Ultra Steady Video (OIS+EIS), 5x Hybrid Zoom Video + Sound Focus, dan Ultra Wide Angle Video. Selain unggul dalam hal videografi, OPPO Reno2  juga memiliki desain Quad Camera, Sunlight AMOLED Screen.

Ultra Steady Video di OPPO Reno2 memungkinan pengguna mereka video dengan sangat stabil hanya dengan menekan satu tombol. Hasil perekaman stabil dapat dilakukan karena pada Quad Camera (konfigurasi 4 kamera belakang) pada OPPO Reno2 tersemat gyroscope dan OIS + EIS (Optical Image Stabilization + Electronic Image Stabilization) serta dukungan sensor IMU untuk memaksimalkan stabilitas perekaman video.

Ingin mendekati subjek tanpa bergerak dan menghabiskan waktu, kamu bisa memanfaatkan fitur 5x Hybrid Zoom Video dari OPPO Reno2. Kemampuan 5x Hybrid Zoom Video beresolusi 13MP ini mampu merekam dengan perbesaran hingga 5x secara jernih dan detail.

Untuk bisa mendapatkan sudut rekaman yang lebih luas, kamu bisa mengandalkan OPPO Reno2 yang dilengkapi fitur Ultra Wide Angle Video. Sudut pandang rekaman video menjadi lebih luas hingga 116° pada resolusi 8MP.  Fitur ini didukung dengan Quad Camera konfigurasi 4 kamera dengan setup berurutan dari atas-bawah; Kamera Utama 48MP + 8MP Ultra Wide Angle Lens 116° + 13MP Telephoto Lens + 2MP Mono Lens.

Aktivitas membuat video kapan saja, baik siang maupun malam semakin nyaman dengan OPPO Reno2, berkat Ultra Dark Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengambil potret dalam gelap dengan hasil yang jauh lebih jernih dan terang. Merekam video juga lebih tenang karena OPPO Reno2 memiliki kapasitas RAM 8GB dan ROM 256GB serta baterai besar 4000mAh lengkap dengan VOOC 3.0. Fitur lebih lengkapnya mengenai OPPO Reno2 klik di sini. Nantikan juga kehadiran #OPPOReno2 di seluruh Indonesia pada 31 Oktober 2019!

Dengan pengambilan gambar yang sudah bagus, hasil video juga sangat memuaskan, maka akan sangat memudahkan pada proses editing. Cut to cut, masukkan text dan audio, hingga transisi yang pas. Setelah itu upload di platform favorit kamu.

Selamat mencoba membuat video singkat yang menarik dengan smartphone kesayangan kamu.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini