Sukses

Menerka Posisi Nadiem Makarim di Kabinet Jokowi Jilid 2

Nadiem Makarim menyatakan siap bergabung dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo periode ini, tugas apa yang akan diembannya?

Liputan6.com, Jakarta - Nadiem Makarim dipastikan menjadi bagian dari kabinet Presiden Joko Widodo untuk periode kedua ini. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Nadiem di Istana Negara.

Meski tidak mengungkap langsung jabatan yang akan diembannya, dia menyatakan siap untuk bergabung dalam kabinet baru nantinya.

"Saya menerima tanggungjawab ini, dan senang sekali siap maju ke depan. Untuk spesifik, saya belum bisa bicara karena itu hak prerogatif presiden," tutur Nadiem Makarim.

Oleh sebab itu, belum dapat dipastikan apakah Nadiem akan mengemban tugas sebagai Menteri atau pejabat setingkat Menteri. Kendati demikian, ada sejumlah prediksi mengenai bidang yang akan menjadi tanggung jawabnya.

Salah satu kemungkinannya adalah dia akan mengurusi bidang digital, mengingat latar belakangnya sebagai pendiri startup GoJek. Kehadiran nomenklatur baru di bidang digitalisasi ini sebenarnya sempat diungkap beberapa kali.

Menurut beberapa laporan sebelumnya, Presiden Jokowi memang akan membentuk Kementerian baru, yakni Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif. Kementerian baru ini yang diprediksi bakal menjadi tempat Nadiem bertugas nanti.

Seperti diketahui, Nadiem Makarimdikenal sebagai salah satu sosok sukses yang dikenal membawa Gojek menjadi startup dengan status unicorn. Karenanya, dia akan diminta untuk mengurus hal yang dengan dunia digital dan ekonomi kreatif.

Terlebih, Presiden Jokowi memang berencana terus mendorong ekonomi digital Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, dia sempat menyinggung Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru dengan dukungan teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nadiem Sebagai Menteri Muda

Di sisi lain, Nadiem juga memenuhi kriteria seorang menteri yang dibutuhkan Presiden Joko Widodo untuk kabinetnya kali ini. Salah satunya adalah sosoknya sebagai menteri dari anak muda.

Untuk informasi, Presiden Jokowi sempat mengungkap dirinya akan memasukkan sejumlah anak muda dalam kabinetnya. "Yang jelas di bawah 30 tahun ada, di bawah 35 tahun juga ada," tuturnya.

Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Presiden Jokowi yang akan dilakukan dalam beberapa hari lagi. Menurut penuturan Mahfud Md, pelantikan kabinet akan dilakukan pada Rabu, 23 Oktober 2019.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini