Sukses

Beramai-ramai Saksikan Fenomena Transit Venus

Transit venus sudah terlihat sejak sebelum matahari terbit hingga pukul 12 siang. Dari teleskop terlihat venus yang berbentu bintik kecil terus bergerak di matahari.

Liputan6.com, Bandung: Hari ini terjadi fenomena alam langka yang biasa disebut transit venus di matahari. Peristiwa yang terjadi dua kali dalam 100 tahun ini akan kembali terjadi pada tahun 2117. Tak heran bila banyak warga di berbagai daerah antusias melihat peristiwa langka tersebut.

Salah satu yang antusias adalah mahasiswa astronomi Institut Teknologi Bandung. Mereka sengaja memasang tiga buah teleskop ekuatorial untuk bisa melihat fenomena alam yang langka itu.

Menurut Ketua Himastron TIB M. Zamzam, satu teleskop disiapkan untuk keperluan pengamatan yang akan didokumentasikan. Dua telskop lain untuk mereka yang ingin melihat transit venus di matahari.

Di Sleman, Yogyakarta, sejumlah warga juga antusias melihat fenomena alam tersebut. Sejak pagi mereka bergantian menyaksikan secara langsung transit venus melalui tujuh teleskop yang disiapkan.

Transit venus sudah terlihat sejak sebelum matahari terbit hingga pukul 12 siang. Dari teleskop terlihat venus yang berbentu bintik kecil terus bergerak di matahari.

Sedangkan di Sukoharjo, masyarakat melihat fenomena transit venus di Observatorium Assalam. Namun karena peralatan terbatas, sebagian warga hanya bisa menyaksikan peristiwa ini melalui layar LCD yang disiapkan. Pengamatan fenomena ini sempat terhalang cuaca mendung.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini